Butuh Fokus? Ini 10 Cara untuk Meningkatkan Konsentrasi Kamu

Ini 10 Cara untuk Meningkatkan Konsentrasi Kami

ReliDoc – Jakarta. Kalau kamu pernah merasa pernah mengalami kesulitan menyelesaikan tugas yang sulit di tempat kerja, belajar untuk ujian, atau menghabiskan waktu mengerjakan proyek yang rumit, kamu mungkin perlu meningkatkan kemampuan untuk fokus. Nah, silakan disimak di bawah ini untuk berbagai cara untuk meningkatkan konsentrasi kamu ya.

Butuh Fokus? Yuk Tingkatkan Konsentrasi Kamu

Konsentrasi mengacu pada upaya mental yang kamu lakukan pada apa yang sedang kamu kerjakan atau pelajari. Kadang-kadang disamakan dengan rentang perhatian (attention span), tetapi perbedaannya adalah rentang perhatian mengacu pada berapa lama kamu dapat fokus pada sesuatu.

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Konsentrasi

Biasanya, usia dan kurang tidur dapat memengaruhi konsentrasi. Kebanyakan orang lebih mudah melupakan hal-hal seiring bertambahnya usia.

Cedera kepala atau trauma otak seperti gegar otak dan masalah kesehatan mental tertentu juga dapat mempengaruhi konsentrasi. Sangat mudah untuk merasa frustasi pada saat kamu mencoba untuk fokus tetapi tidak bisa. Hal ini dapat menyebabkan stres dan emosi serta mempersulit untuk fokus pada apa yang perlu kamu lakukan.

Nih kita kasih tau cara biar fokus untuk dapat menyelesaikan deadline kamu ya.

10 Cara untuk Meningkatkan Konsentrasi Kamu

Berikut cara untuk meningkatkan konsentrasi kamu:

1. Latih Otak Kamu

Memainkan jenis permainan tertentu dapat membantu kamu untuk lebih fokus. Cobalah:

  • Sudoku
  • Teka teki silang
  • Catur
  • Teka-teki gambar
  • Pencarian kata (Scramble)
  • Permainan memori

Efek dari permainan yang mengasah otak mungkin sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua, karena daya ingat dan konsentrasi cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

2. Stop Multitasking, Gunakan To-do-list

Salah satu penyebab sulit berkonsentrasi adalah ketidakmampuan mengatur pekerjaan atau tugas dengan baik. Misalnya, kamu tidak bisa menentukan pekerjaan mana yang memiliki prioritas dan harus segera diselesaikan, padahal, membuat skala prioritas dapat membantu menghindari kebingungan dan mempercepat penyelesaian pekerjaan. Kamu bisa coba menggunakan to-do-list untuk menyelesaikan pekerjaan satu per satu kok.

Jadi, sebaiknya hindari melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, seperti multitasking. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat mengganggu konsentrasi dan mengganggu pekerjaan.

3. Tingkatkan Tidur

Kurang tidur dapat mengganggu konsentrasi, belum lagi fungsi kognitif lainnya seperti ingatan dan perhatian. Kurang tidur sesekali mungkin tidak menyebabkan terlalu banyak masalah. Tetapi tidur malam yang buruk dapat memengaruhi suasana hati dan kinerja kamu di esok harinya.

Terlalu lelah bahkan dapat memperlambat refleks tubuhmu dan memengaruhi kemampuan untuk mengemudi atau melakukan tugas sehari-hari lainnya. Jadwal yang padat, masalah kesehatan, dan faktor lainnya terkadang dapat membuatmu sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tetapi penting untuk mencoba sedekat mungkin dengan jumlah yang disarankan hampir setiap malam.

Banyak ahli merekomendasikan agar orang dewasa tidur minimal 8 jam sehari, jadi cobalah untuk tidur sesuai dengan waktu yang disarankan.

Baca juga Manfaat Tidur untuk Kesehatan.

4. Luangkan Waktumu di Alam

Jika ingin mencoba meningkatkan fokus secara alami, usahakan keluar rumah setiap hari, meski hanya 15-20 menit. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah atau apartemen kamu, duduk di taman atau halaman juga bisa membantu.

Berada di lingkungan terbuka meningkatkan konsentrasi. Faktanya, sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa memasukkan tanaman ke dalam ruang kerja dapat meningkatkan fokus dan produktivitas, serta kepuasan kerja dan kualitas udara.

5. Rehat Sejenak

Untuk mendapatkan kembali fokus, kamu juga harus mengetahui batasan tubuh dan meluangkan waktu untuk istirahat. Selain untuk meningkatkan fokus, otak kamu juga membutuhkan istirahat agar dapat berfungsi secara optimal.

Cobalah luangkan waktu untuk tidur. Penelitian menunjukkan bahwa tidur dapat berdampak signifikan dalam mendukung pembelajaran dan memori. Sebaliknya, ketika seseorang mengalami kurang tidur, kesulitan konsentrasi lebih mudah terjadi.

6. Coba Dengarkan Musik

Menyalakan musik saat bekerja atau belajar dapat meningkatkan fokus kamu, tapi itu tergantung masing-masing individu ya.

Menurut penelitian, apabila kamu tidak suka mendengarkan musik di tempat kerja, menggunakan suara alami atau derau putih untuk meredam derau latar belakang dapat meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak lainnya,.

Tidak semua orang setuju bahwa musik sangat membantu, terutama saat mempelajari mata pelajaran yang sulit.

Tapi, jika kamu memutuskan untuk mendengarkan musik, berikut adalah beberapa tips:

  • Pilih musik instrumental daripada yang berlirik
  • Nyalakan musik pada tingkat kebisingan yang kecil
  • Pilih musik yang netral dan hindari musik yang kamu sukai atau benci

7. Minum Minuman Berkafein

Minum kopi atau minuman berkafein lainnya dapat membantu kamu terhindar dari rasa kantuk dan membantu agar berkonsentrasi lebih baik. Karena kandungan kafein pada minuman ini dapat merangsang otak untuk bangun dan menyelesaikan masalah dengan fokus.

Jika kurang suka dengan kopi, coba pertimbangkan secangkir kopi atau teh hijau. Satu porsi coklat hitam mempunyai kandungan 70 persen kakao atau lebih dan dapat memiliki manfaat serupa seperti minuman berkafein.

Baca juga Sederetan Manfaat Kopi untuk Kesehatan.

8. Makan Makanan yang Sehat dan Minum Air agar Bisa Konsentrasi

Makanan yang Anda makan dapat mempengaruhi fungsi kognitif seperti konsentrasi dan memori. Hindari makanan olahan cepat saji, terlalu banyak gula, dan makanan yang sangat berminyak atau berlemak untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berkonsentrasi.

Minum air baik air putih ataupun air mineral juga dapat memiliki efek positif pada konsentrasi. Dehidrasi ringan dapat membuat kamu untuk sulit berkonsentrasi atau mengingat informasi.

Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi kamu di pagi hari, maka dari itu cobalah untuk makan yang rendah gula dan tinggi protein dan serat. Oatmeal, yogurt tawar dengan buah, atau roti gandum dengan telur adalah pilihan sarapan yang baik.

9. Coba Olahraga

Cara meningkatkan fokus lainnya adalah dengan melakukan olahraga teratur. Olahraga itu mempunyai manfaat yang baik untuk semua orang. Sebuah studi tahun 2018 terhadap 116 siswa kelas lima menemukan bukti bahwa aktivitas fisik harian dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi hanya dalam empat minggu.

Studi lain pada orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa aktivitas fisik aerobik sedang selama setahun dapat membantu atau bahkan membalikkan kehilangan memori yang disebabkan oleh atrofi otak yang berkaitan dengan usia.

Baca juga Olahraga untuk Kesehatan Fisik hingga Mental.

10. Yuk Meditasi dan Relaksasi

Memaksa diri yang tidak fokus untuk tetap bekerja sebenarnya bisa menimbulkan masalah lain. Maka, salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu untuk relaksasi, misalnya melalui meditasi. Meditasi bukan hanya duduk diam dengan mata tertutup. Yoga, pernapasan dalam, dan banyak aktivitas lainnya dapat membantu kamu bermeditasi.

Kegiatan ini bermanfaat dalam membantu pikiran menjadi tenang dan membuat kamu menjadi fokus kembali loh. Ini telah terbukti menjernihkan otak dan mempermudah pekerjaan.

Nah itu dia beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi kamu ya, tentunya kalau semisal kamu masih susah untuk melakukan konsentrasi, bisa menghubungi dokter dan melakukan konsul ya, karena kemungkinan ada kaitannya dengan penyakit lainnya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Butuh Fokus? Ini 10 Cara untuk Meningkatkan Konsentrasi Kamu

BBC. Diakses pada 2022. Five ways science can improve your focus
HealthLine. Diakses pada 2022. 14 Tips to Improve Your Concentration
Medical News Today. Diakses pada 2022. Five ways to boost concentration

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn