7 Manfaat Bermain Sepak Bola Untuk Kesehatan Kamu

7 Manfaat Bermain Sepak Bola Untuk Kesehatan Kamu

ReliDoc – Jakarta. Permainan sepak bola merupakan sebuah permainan yang sangat populer, bahkan kompetisi sepak bola internasional Piala Dunia 2022 sudah mulai bergulir dan tayang di seluruh dunia loh! Nah buat kamu yang penasaran, berikut 7 manfaat bermain sepak bola untuk kesehatan kamu, cek di bawah ini yuk!

Sepak Bola? Ngapain Aja?

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh suatu tim dengan 11 orang pemain. Permainan sepak bola kebanyakan main di luar ruangan yaitu di lapangan terbuka. Biasanya anak laki-laki sangat gemar dengan olahraga ini, namun beberapa anak perempuan juga menyukainya.

Tujuan dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke dalam gawang lawan sekaligus mempertahankan gawang sendiri, agar tidak sampai kebobolan. Setiap pemain dapat menggunakan bagian tubuh mana saja kecuali lengan dan tangan. Hanya penjaga gawang yang boleh menangkap bola di area gawang dengan lengan atau tangannya.

Sepak bola dimainkan dalam tim, di mana 2 tim bersaing satu sama lain. Tim yang mencetak gol terbanyak melawan lawannya dinyatakan sebagai pemenang.

Baca juga 7 Tips Sehat Menonton Piala Dunia 2022.

Manfaat Bermain Sepak Bola

Sepak bola merupakan suatu aktivitas aerobik yang direkomendasikan dan membawa manfaat Kesehatan bagi tubuh dalam jangka panjang termasuk mengurangi risiko penyakit kronis tertentu seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Sepakbola dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda secara keseluruhan dan Anda akan melihat adanya peningkatan daya tahan Anda dari waktu ke waktu jika sering bermain sepakbola.

Kombinasi lari, jalan, sprint, dan tendangan dapat membawa manfaat antara lain peningkatan stamina, peningkatan kesehatan jantung, penurunan lemak tubuh, peningkatan kekuatan dan tonus otot, peningkatan kekuatan tulang, dan peningkatan koordinasi.

Berolahraga khusunya bermain sepakbola secara teratur juga dianggap membantu memperbaiki gejala beberapa masalah kesehatan mental seperti depresi dan stres, dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, serta dapat membantu mengurangi kecemasan.

Berikut beberapa manfaat dalam bermain sepak bola untuk tubuh kita loh ya, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Kebugaran

Saat bermain sepak bola, kamu harus berlari kesana-kemari mengejar bola di lapangan. Kegiatan ini pasti bisa membakar kalori dan membuat  kamu berkeringat.

Hal ini sangat baik untuk kesehatannya karena dapat menyehatkan tubuhnya. Olahraga yang teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu. Dengan begitu ia bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti flu dan bahkan COVID-19.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Saat bermain sepak bola, tubuh menjadi terus bergerak. Aktivitas fisik ini membuat jantung berdetak lebih cepat dan anak bernafas lebih sering.

Jenis olahraga ini mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan jantung pada anak.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot Tubuh

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, gerakan lari yang dominan dalam sepak bola juga dapat meningkatkan kekuatan fisik otot. Ini karena, kamu menggerakkan tubuh dan berlari ke depan atau ke belakang saat bermain sepak bola. Gerakan sprint berulang kali akan membantu meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot kamu.

Sepak bola memperkuat tubuh bagian bawah dan atas. Tubuh bagian bawah berkembang melalui berlari, menembak, menggiring, mengoper, dan melompat. Pada saat yang sama, tubuh bagian atas memperoleh kekuatan dengan melindungi bola, melempar dan menahan lawan. Dengan demikian, sepak bola membantu mengembangkan kekuatan otot di seluruh tubuh.

4. Mengurangi Rasa Stres dan Cemas

Dengan membangun kekuatan dan daya tahan fisik, pemain menjadi lebih percaya diri di dalam dan di luar lapangan. Itu juga meningkatkan rasa percaya diri dalam kehidupan pribadi. Nah, maka dari itu, sepak bola adalah olahraga yang tepat karena melepaskan endorfin yang mengurangi stres dan kecemasan.

5. Memperkuat Fungsi Kognitif

Manfaat bermain sepak bola selanjutnya adalah meningkatkan fungsi kognitif otak. Konsentrasi adalah salah satu bagian terpenting dalam bermain sepak bola. Saat bermain, keputusan cepat dan konsentrasi yang tepat sangat perlu. Sehingga, olahraga ini memperkuat fungsi kognitif dan membuat kamu lebih fokus loh.

6. Melatih Koordinasi Tubuh

Permainan sepak bola memiliki banyak teknik yang membutuhkan koordinasi tubuh seperti menggiring bola, berlari, mengoper atau melewati lawan selama pertandingan.

Jadi koordinasi itu sangat penting. Mengoper dan menerima operan membutuhkan koordinasi tangan hingga mata. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui posisi anggota tim di lapangan untuk mengoper bola.

Kegiatan ini, membantu tubuh kamu untuk beroperasi dengan seksama, yang membuat koordinasi tubuh menjadi optimal.

7. Melatih Kerjasama

Meskipun kesehatan di sepak bola cenderung sangat pribadi, tapi pelajaran yang dipelajari dari bermain di lapangan adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Tentunya, melatih kerjasama juga merupakan salah satu kesehatan mental bagi kita, terutama dalam beradaptasi di lingkungan lainnya loh.

Perlu Pemanasan

Secara umum, manfaat bermain sepak bola didapatkan oleh berbagai usia loh. Bahkan, permainan ini bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja. Yang kamu butuhkan hanyalah bola dan gol atau gawang untuk pemain pemula dan permainan bisa dimulai.

Namun, jangan lupa melakukan pemanasan sebelum bermain olahraga apapun, termasuk sepak bola. Pemanasan sangat penting untuk mencegah cedera.

Untuk kamu yang merasa sakit, bisa langsung konsultasi dengan dokter terlebih dahulu apakah bermain bola dianjurkan atau tidaknya.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 7 Manfaat Bermain Sepak Bola Untuk Kesehatan Kamu

Better Health Channel. Akses pada 2022. Soccer – Health Benefits.
Decathlon. Akses pada 2022. Top 5 Benefits Of Playing Football.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2022. Mengenal Jenis Aktivitas Fisik.

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn