Bahaya Strep A di Inggris 9 Anak Meninggal!

Bahaya Strep A di Inggris 9 Anak Meninggal

ReliDoc – Jakarta. Bakteri Streptococcus biasanya hidup dan tumbuh di dalam tubuh manusia tanpa menimbulkan penyakit yang serius. Namun, beberapa jenis bakteri Streptococcus dapat menyebabkan infeksi mulai dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa. Mari simak Bahaya Strep A di Inggris yang menyebabkan 9 anak meninggal dunia di bawah ini!

Apa itu Strep A? Mengapa Berbahaya?

Strep A, atau Streptococcal Infection, adalah penyakit yang timbul oleh bakteri Streptococcus pyogenes. Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan nyeri otot.

Umumnya Streptococcus tipe A  menyebabkan infeksi pada tenggorokan dan kulit. Beberapa penyakit yang dapat timbul oleh bakteri ini adalah demam scarlet, radang tenggorokan, demam rematik, impetigo dan glomerulonefritis.

Strep A dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, atau melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui kontak dengan air atau makanan yang terkontaminasi.

Naiknya Kasus Strep A di Inggris

Setidaknya sembilan anak kini telah meninggal akibat infeksi Strep A di Inggris dan pejabat kesehatan juga melaporkan peningkatan kasus demam scarlet.

Infeksi Strep A biasanya ringan dan mudah diobati dengan antibiotik, tetapi bentuk invasif dari bakteri, Invasive Group A Streptococcus (iGAS), telah meningkat tahun ini, terutama pada anak di bawah 10 tahun.

Faktanya, seorang gadis berusia lima tahun di Belfast adalah yang terakhir meninggal akibat infeksi tersebut. Laporan dengan kematian juga ada di Hampshire, London, Buckinghamshire, Surrey dan Penarth, Wales.

Pada saat yang sama, peningkatan tajam demam scarlet menandai 851 kasus antara 14 dan 20 November, dibandingkan dengan rata-rata 186 selama periode yang sama di tahun-tahun sebelumnya, menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA).

“Kita harus menyadari bahwa langkah-langkah yang telah kita ambil dalam beberapa tahun terakhir untuk mengurangi penyebaran Covid juga akan mengurangi penyebaran infeksi lainnya,” ujar Dr. Susan Hopkins, penasehat medis senior UKHSA, pada program Today di BBC Radio 4, Senin.

“Itu artinya ketika semuanya kembali normal, infeksi tradisional yang telah kita lihat selama bertahun-tahun juga akan beredar pada tingkat yang tinggi,” tambahnya.

Wabah terbaru mengikuti peningkatan penyakit lain tahun ini, termasuk cacar monyet dan penyakit hati misterius yang menyerang anak-anak. Sehingga, beberapa dokter prihatin dengan dampak wabah terbaru pada Layanan Kesehatan Nasional Inggris.

Bagaimana Pencegahan Strep A?

Walaupun di Indonesia saat ini masih belum ada berita perihal infeksi Strep A, akan tetapi kita perlu mengetahui cara pencegahannya.

Untuk mencegah penyebaran penyakit ini, penting untuk mencuci tangan secara teratur dan menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi. Jika kamu mengalami gejala karena Strep A, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan tes untuk menentukan apakah kamu terinfeksi. Jika hasil tes positif, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi.

Lebih lanjut, untuk mengobati infeksi streptokokus tipe A, dokter meresepkan antibiotik golongan penisilin, seperti misalnya:

  • Penisilin
  • Amoxicillin
  • Sefalosporin

Obatnya bisa digunakan secara diminum saja. Namun, jika infeksinya parah, obat diberikan secara infus.

Apabila pasien alergi obat penisilin, dokter memberikan antibiotik erythromycin atau azithromycin sebagai pengganti, tentunya tingkat dosis juga disesuaikan dengan kondisi pasien.

Sedangkan, dalam beberapa keadaan, prosedur pembedahan mungkin perlu dilakukan untuk mengangkat jaringan tubuh mati yang disebabkan oleh infeksi. Tujuannya untuk mencegah penyebaran bakteri di dalam tubuh.

Apabila anak Anda terkena gejala di atas, kami menyarankan untuk melakukan konsultasi ke Dokter, untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dan tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Bahaya Strep A di Inggris 9 Anak Meninggal!

CNBC. Akses pada 2022. UK health officials warn parents to be alert after 6 child deaths linked to Strep A infections
Everyday Health. Akses pada 2022. The Different Types of Streptococci.
MedicineNet. Akses pada 2022. What Is a Streptococcal Infection?
Sky News. Akses pada 2022. Strep A: Find out how many severe infections and scarlet fever cases are in your area
WebMD. Akses pada 2022. Strep Throat.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn