Bahaya Tubuh yang Kekurangan Serat

Bahaya Tubuh yang Kekurangan Serat

ReliDoc – Jakarta. Kekurangan serat dapat menimbulkan berbagai efek negatif pada kesehatan tubuh. Penting untuk kita mengetahui kadar serat yang tubuh kita butuhkan. Yuk, baca selengkapnya bahaya tubuh yang kekurangan serat di sini!

Alasan Tubuh Memerlukan Serat

Memang, serat merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang sangat penting. Namun sayangnya, banyak orang yang sering mengabaikan hal ini. Faktanya, kurang serat dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi kesehatan, kenapa? Karena 70% tubuh manusia memerlukan makanan berserat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.

Terdapat 2 jenis serat, yaitu serat larut air (soluble fiber) yang berfungsi untuk mencegah penyerapan kolesterol, memberi rasa kenyang yang cukup lama, dan juga menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sereal. Selanjutnya, yang kedua ada serat tidak larut air (insoluble fiber) berfungsi untuk memperlancar saluran pencernaan.

Gejala Tubuh yang Kurang Serat

Pendek kata, penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Berikut beberapa gejala yang tubuh akan alami jika tubuh kekurangan serat, seperti:

1. Berat Badan Naik

Seperti dijelaskan sebelumnya serat berfungsi untuk memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Umumnya, saat tubuh kekurangan nutrisi maka tubuh akan sangat mudah merasa lapar. Tentu saja, hal ini yang membuat kamu ingin makan terus menerus dan berujung dengan timbangan kamu yang naik.

2. Rasa Tidak Nyaman Pada Perut

Selain itu, kekurangan serat juga akan membuat gerakan peristaltik pada saluran pencernaan melambat dan hal tersebut menyebabkan banyak gas yang tersimpan di saluran pencernaan dan akan mengakibatkan perut tidak nyaman dan perut kembung.

3. Kolesterol Jahat Meningkat

Fungsi serat larut air salah satunya adalah menjaga kolesterol dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan serat hal ini akan membuat penyerapan kolesterol menurun.

Baca juga Makanan Penurun Kolesterol.

4. Gula Darah Tidak Stabil

Lebih daripada itu, kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan diabetes di mana regulasi gula darah menjadi tidak stabil dengan kurangnya asupan serat. Asupan serat yang tercukupi dapat membuat nilai gula darah lebih terkontrol.

5. Mudah Merasa Lelah

Tentunya kekurangan serat akan mengurangi banyak energi dalam tubuh kamu dan membuat kamu mudah merasa lelah.

6. Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Peran serat dapat membantu dalam penyerapan kolestrol jahat sehingga jika kurang serat berakibat pada meningkatnya kolestrol pada tubuh dan akan memicu berbagai penyakit lainnya salah satunya jantung. Dampak kekurangan serta akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Kadar Serat yang Tubuh Butuhkan

Dengan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sistem pencernaan dan tubuh sangat membutuhkan nutrisi. Berikut kadar nutrisi yang dibutuhkan setiap tubuh :

  • Anak usia 1-6 tahun                : 16-22 gram
  • Laki-laki usia 7-12 tahun        : 26-30 gram
  • Laki-laki usia 13-18 tahun      : 35-37 gram
  • Laki-laki dewasa                     : 38 gram
  • Perempuan usia 7-12 tahun    : 26-28 gram
  • Perempuan usia 13-18 tahun  : 30 gram
  • Perempuan dewasa                 : 32 gram

Oleh karena itu, penting untuk kita dapat memenuhi kebutuhan serat setiap harinya dengan mengkonsumsi makanan seperti roti, oats, buah-buahan dan kacang-kacangan. Namun jika tubuh kelebihan serat juga tidak baik. Ada baiknya untuk kita memenuhi sesuai dengan kadarnya. Konsultasikan dengan dokter ataupun ahli gizi.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Bahaya Tubuh yang Kekurangan Serat

MedicineNet. Akses pada 2023. What Happens If You Have Too Little Fiber.
HealthyForLifeMeals. Akses pada 2023. What Happens When You Don’t Eat Enough Fiber

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn