Batuk Berdahak? Begini Cara Penanganan Alaminya

batuk berdahak relidoc

ReliDoc – Jakarta. Reli Friends, kamu batuk berdahak? Batuk sendiri merupakan mekanisme pertahanan alami. Yang membantu tubuh untuk membuang sekret dan lendir yang dihasilkan oleh sistem pernapasan. Walaupun batuk berdahak sendiri merupakan  batuk yang produktif, akan tetapi biasanya mengganggu aktivitas keseharian kamu. Terutamanya, ketika batuk ini masih ada selama berminggu-minggu. 

Penanganan Alami Batuk Berdahak

Berikut, ada beberapa cara penanganan secara alami batuk berdahak yang bisa kamu lakukan untuk merawat diri kamu nih Reli Friends:

1. Madu untuk Batuk Berdahak

Faktanya, madu lebah alami adalah salah satu cara paling efektif untuk mengobati batuk basah. dilansir dari The National Center for Biotechnology Information (NCBI)  menemukan bahwa makan 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan mendorong tidur nyenyak pada anak-anak. Sehingga seharusnya bekerja dengan baik juga untuk orang dewasa.

2. Air Garam

Memang, garam bisa menjadi obat alami yang kamu dapatkan di rumah. Berkumur dengan air garam dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan.

3. Teh Jahe

Jahe sendiri dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa cangkir teh jahe per hari dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan.

4. Lemon untuk Batuk Berdahak

Selanjutnya, lemon memberikan vitamin C dan mengurangi radang di bagian tenggorokan kamu. Kamu juga dapat madu kedalam air perasan lemon.

5. Bawang Putih

Sementara, bawang putih memiliki antimikroba yang mampu menghentikan infeksi ataupun iritasi yang menimbulkan dahak berlebih. Ini dikarenakan adanya senyawa allicin yang dapat membasmi bakteri dan virus di dalam tenggorokan.

6. Nanas

Selain itu, nanas memiliki kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat memecah dahak menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

7. Mandi Air Hangat

Setidaknya, mandi air hangat dapat membantu kamu melembabkan saluran udara bagian atas. Ini juga dapat membantu memecah lendir di dada kamu. Maka dari itu, kalian dapat mencoba setidaknya selama lima menit.

8. Gunakan Humidifier

Sedangkan, humidifier atau pelembab udara dapat membantu kamu menghindari menghirup udara kering. Karena, tenggorokan kering lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan.

Hal-hal tersebut merupakan tips cara menangani batuk berdahak yang terjadi oleh kamu ya Reli Friends, apabila kamu masih batuk-batuk dan batuk kamu bersifat kronis dan tidak sembuh-sembuh. Kami sarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter ya Reli Friends.

Bagi peserta Asuransi Reliance Indonesia yang membutuhkan konsultasi dengan Dokter, kalian dapat menikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis loh di ReliDoc. Yuk download Aplikasi ReliDoc kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Batuk Berdahak

Healthline. Akses pada 2022. Treating a Wet Cough at Home: 10 Natural Remedies
Healthline. Akses pada 2022. 5 Natural Expectorants to Kill Your Cough
Tuasaude. Akses pada 2022. Wet Cough: Main Causes & How to Get Rid of It

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn