Begini Cara Menurunkan Berat Badan Saat Hamil

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Saat Hamil

ReliDoc – Jakarta. Program penurunan berat badan dapat diterapkan untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan atau obesitas. Namun, program ini harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan medis. Agar tidak salah dalam diet, baca artikel cara menurunkan berat badan saat hamil di bawah ini.

Apakah Aman Menurunkan Badan Saat Hamil?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa wanita yang ditawari konseling diet dan olahraga selama kehamilan memiliki hasil ibu dan anak yang lebih baik.

Studi tersebut menemukan bahwa penurunan berat badan ini, terutama perubahan pola makan, dikaitkan dengan 33 persen penurunan risiko preeklampsia dan 61 persen penurunan risiko diabetes gestasional. Makan makanan yang sehat juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan kelahiran prematur selama kehamilan.

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Hamil

Pantau berat badan setiap bulan selama kehamilan. Kenaikan berat badan yang disarankan berdasarkan pada indeks massa tubuh (BMI).

Wanita hamil dengan BMI pra-kehamilan 25-29,9 (kelebihan berat badan) harus menjaga berat badannya antara 7-11 kg. Sedangkan ibu hamil dengan BMI sebelum hamil di atas >30 (obesitas) perlu membatasi berat badannya hanya 5-9 kg.

Jadi ketika ibu hamil mengalami kelebihan berat badan, dokter menyarankan perbaikan gaya hidup untuk mengatur berat badannya dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa opsi yang umumnya direkomendasikan dalam program menurunkan berat badan kehamilan:

1. Buat Jurnal

Jurnal makanan online adalah cara yang bagus untuk memastikan kamu mendapatkan nutrisi yang cukup dan minum cukup air setiap hari. Kamu dapat menentukan apakah diet yang kamu lakukan mengandung terlalu banyak gula atau natrium. Jurnal juga merupakan alat yang berguna untuk melacak tingkat kelaparan kamu loh.

Selain itu, jurnal adalah cara terbaik untuk merencanakan jadwal olahraga dan membuat rutinitas yang cocok untuk kamu. Semakin cepat kamu bisa melakukan rutinitas olahraga, semakin baik.

Banyak situs web juga menyediakan forum komunitas sehingga kamu dapat terhubung dengan orang lain yang memiliki tujuan serupa. Kamu juga dapat membagikan rutinitas kebugaran, resep, dan tips lain untuk mengikuti gaya hidup sehat baru Anda.

2. Kurangi Asupan Kalori Harian

Mengurangi asupan kalori harian merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, bahkan saat ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan. Namun, wanita hamil harus hati-hati dalam mengurangi asupan kalori mereka.

Tuliskan jenis dan jumlah makanan yang biasa kamu makan sebelum hamil dan seberapa sering saat kamu hamil makan. Kemudian beri catatan dokter agar pola makan ibu hamil bisa dievaluasi. Dari catatan tersebut, dokter pun memberikan anjuran mengenai jenis, jumlah dan frekuensi makan ibu hamil.

Selain itu, ibu hamil juga bisa menggunakan tips berikut ini untuk mencegah konsumsi kalori berlebihan:

  • Makan porsi kecil, tapi lebih sering.
  • Ganti konsumsi karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks, misalnya dari nasi putih menjadi nasi merah.
  • Ganti konsumsi lemak tidak sehat dengan lemak sehat, misalnya penggantian dari mentega menjadi minyak zaitun.
  • Hindari makan kentang, kue, permen, atau camilan tidak sehat lainnya. Sebagai gantinya, makanlah buah-buahan dan kacang-kacangan.
  • Hindari minum minuman manis seperti soda atau teh kemasan. Namun, minumlah banyak air.

Ingat, meski asupan kalori harian kamu berkurang, nutrisi lain yang dibutuhkan selama hamil, seperti protein, kalsium, asam folat, dan zat besi, tetap harus dipenuhi ibu hamil.

3. Lakukan Olahraga secara Teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi nyeri dan memperbaiki mood pada ibu hamil. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu mengontrol berat badan selama hamil. Namun, ibu hamil harus bijak dalam memilih bentuk olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kehamilan. Jangan berusaha terlalu keras untuk melakukan olahraga berat yang sering ibu hamil lakukan sebelum hamil.

Olahraga yang cocok untuk ibu hamil adalah renang, jalan kaki, yoga atau pilates. Lakukan secara rutin minimal 30 menit sehari ya.

4. Terapkan Program Berat Badan

Ibu hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan secara alami seiring bertambahnya usia kehamilan. Biasanya, kenaikan berat badan cukup signifikan pada trimester kedua dan ketiga karena janin tumbuh pesat.

Dengan cara ini, ibu hamil sedapat mungkin dapat membuat gaya hidupnya lebih sehat sejak awal kehamilan. Dengan cara ini, kenaikan berat badan selama kehamilan bisa lebih terkontrol.

Itu dia beberapa cara untuk menurunkan berat badan kamu pada saat kamu hamil, kamu bisa menerapkannya sebelum dan pada saat kamu hamil ya.

Untuk ibu hamil yang membutuhkan pengecekan USG 2D/3D/4D bisa dengan layanan Reli Monic secara gratis. Reli Monic adalah fasilitas mobile clinic pertama di industri asuransi Indonesia, dilengkapi dengan mesin USG 2D/3D/4D serta didukung tenaga medis profesional berpengalaman. Cara mendapatkan layanan USG dan konsultasi kehamilan gratis:

  • Kunjungan Reli Monic ke PT
  • Datang ke Lokasi Reli Monic, bagi peserta dengan mendaftar layanan Reli Monic melalui aplikasi ReliDoc.
  • Reli Monic Special Moment, seperti acara Bakti Sosial bersama Asuransi Reliance dan RS EMC Cikarang, di Living Plaza Jababeka, bagi masyarakat umum.
  • Chat Dokter to Reli Monic

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Begini Cara Menurunkan Berat Badan Saat Hamil

Baby Center (2021). Akses 2022. Can You Lose Weight While Pregnant?
Healthline. Akses pada 2022. How to Safely Lose Weight During Pregnancy.
Healthline. Akses pada 2022. Safe Weight Loss Tips for a Pregnancy with Obesity
Verywell Family. Akses pada 2022. What to Do About Weight Loss During Pregnancy.
Verywell Family. Akses pada 2022. Can I Lose Weight While Pregnant?

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn