Berenang saat Hamil? Apa saja Manfaatnya?

Berenang saat Hamil Apa saja Manfaatnya

ReliDoc – Jakarta. Kamu seorang bumil yang sedang mencari kegiatan olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan pada saat hamil? Pasti ada yang merekomendasikan olahraga renang, tapi aman ga sih? Manfaatnya apa aja? Yuk simak selengkapnya manfaat berenang saat hamil di bawah ini!

Berenang saat Hamil

Umumnya, olahraga adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat perubahan fisik saat hamil. Betapapun ibu hamil dapat berpartisipasi dalam berbagai olahraga. Namun perlu diingat bahwa ibu hamil boleh melakukan olahraga ringan (low-impact) sambil menghindari gerakan berlebihan di pinggang atau perut. Ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, atau bahkan berenang.

Faktanya, ibu hamil tidak akan terluka, karena berenang adalah olahraga dengan sedikit kecelakaan. Selain itu, sangat kecil kemungkinannya untuk jatuh dan menderita cedera perut. Secara alami, perut ibu akan ditopang oleh air selama berada di dalam air. Sendi ibu akan dapat meregang berkat gerakan yang tidak terbatas di dalam air.

Amankah Berenang saat Hamil?

Tentunya, perhatikan teknik berenang yang kamu gunakan. Ibu hamil sangat disarankan untuk berlatih beberapa gaya, antara lain gaya punggung, gaya bebas, dan gaya dada. Namun, jangan bergerak dalam gerakan kupu-kupu. Salah satu gaya renang yang menyebabkan banyak gerakan otot panggul adalah gaya kupu-kupu yang berisiko bagi janin. Selanjutnya, saat melakukan gaya kupu-kupu, kamu harus mengangkat kepala keluar dari air dan memukul dada ke perut. Tentu saja, kandungan bisa menderita karenanya.

Terpenting, berolahraga dengan santai saat berenang dan nikmati setiap gerakan yang kamu lakukan di dalam air. Ibu akan merasakan manfaat renang dengan menikmati setiap gerakannya. Menghirup dan menghembuskan napas dengan benar, dapat membantu mengatasi stres, nyeri tubuh, dan relaksasi.

Jika kamu berenang dengan benar, kamu bisa merasakan berbagai keuntungan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan berenang dengan dokter kamu saat kamu sedang hamil.

Setidaknya, kamu harus melakukan latihan ini di pagi hari sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 15:30 jika ingin berenang. Karena manfaat  bagi kesehatan janin dari sinar matahari selama jam-jam ini. Agar suhu di dalam kandungan tidak berubah, sebaiknya berenang juga tidak lebih dari 30 menit.

Manfaat Berenang saat Hamil

Secara umum, berenang saat hamil dianggap aman. Ini adalah bentuk olahraga low-impact yang dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil, antara lain:

1. Membantu untuk Sendi yang Bengkak dan Sakit Punggung

Daya apung air dapat membantu meringankan beban dan tekanan ekstra pada sendi dan punggung kamu.

2. Manajemen Berat Badan

Berenang dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat selama kehamilan, yang dapat bermanfaat bagi kamu dan bayi kamu.

3. Manfaat Kardiovaskular

Berenang dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan membantu mengurangi risiko diabetes gestasional.

4. Pereda Stres

Olahraga secara umum dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati, dan efek menenangkan berada di dalam air dapat sangat menenangkan bagi wanita hamil.

Namun, penting untuk berhati-hati dan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan kamu sebelum memulai rutinitas olahraga baru, termasuk berenang, selama kehamilan.

Cara Aman Berenang saat Hamil

Jika kamu telah menerima lampu hijau dari penyedia layanan kesehatan kamu untuk berenang saat hamil, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus kamu lakukan untuk memastikan keselamatan kamu dan bayi kamu:

1. Tetap Terhidrasi

Penting untuk tetap terhidrasi saat hamil, dan ini sangat penting saat berolahraga di dalam air. Pastikan untuk membawa botol air dan sering-seringlah beristirahat untuk menghidrasi.

2. Kenakan Pakaian Renang yang Tepat

Hal yang terpenting, kenakan pakaian renang yang memberikan dukungan dan perlindungan yang baik untuk melindungi perut kamu yang semakin membesar. Demikian pula, baju renang bersalin atau baju renang dengan bra built-in dapat memberikan dukungan tambahan.

3. Hindari Menyelam dan Gaya Kupu-Kupu

Meskipun berenang umumnya dianggap sebagai bentuk olahraga berdampak low-impact, gerakan dan aktivitas tertentu, seperti menyelam atau melakukan gaya kupu-kupu, bisa lebih berat. Hindari aktivitas ini untuk mengurangi risiko cedera.

4. Hindari Berenang di Air Dingin

American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan untuk menghindari berenang di air yang lebih dingin dari 26-27 derajat Celcius. Air dingin dapat menyebabkan otot kamu tegang dan meningkatkan risiko kram.

Singkatnya, berenang saat hamil bisa menjadi bentuk olahraga yang bagus untuk ibu hamil, tetapi penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan kamu dan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan kamu dan bayi kamu.

Untuk ibu hamil yang membutuhkan pengecekan USG 2D/3D/4D bisa dengan layanan Reli Monic secara gratis. Reli Monic adalah fasilitas mobile clinic pertama di industri asuransi Indonesia, dilengkapi dengan mesin USG 2D/3D/4D serta didukung tenaga medis profesional berpengalaman. Cara mendapatkan layanan USG dan konsultasi kehamilan gratis:

  • Kunjungan Reli Monic ke PT
  • Datang ke Lokasi Reli Monic, bagi peserta dengan mendaftar layanan Reli Monic melalui aplikasi ReliDoc.
  • Reli Monic Special Moment, seperti acara Bakti Sosial bersama Asuransi Reliance dan RS EMC Cikarang, tanggal 25 November 2022 di Living Plaza Jababeka, bagi masyarakat umum.
  • Chat Dokter to Reli Monic

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Berenang saat Hamil? Apa saja Manfaatnya?

American Pregnancy Association. Akses pada 2023. Swelling During Pregnancy.
Centers for Disease Control and Prevention. Akses pada 2023. Weight Gain During Pregnancy.
Healthline. Akses pada 2023. What You Should Know About Swimming During Pregnancy.
Baby Center. Akses pada 2023. Swimming During Pregnancy.
Baby Centre UK. Akses pada 2023. Is It Ok to Swim During Pregnancy?
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Aerobic Exercise: How to Warm Up and Cool Down.
National Health Service UK. Akses pada 2023. Exercise in Pregnancy.
The American College of Obstetricians and Gynecologists. Akses pada 2023. Exercise During Pregnancy.
WebMD. Akses pada 2023. Exercise During Pregnancy.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn