Bersin Terus-Menerus? Ini dia Penyebabnya

bersin terus-menerus ini dia penyebabnya

ReliDoc – Jakarta. Biasanya jika benda asing seperti debu, asap dan lainnya, tentu akan menyebabkan iritasi. Lalu, kita akan melakukan bersin untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Namun bagaimana jika bersin terus berlanjut dan sulit dihentikan? Yuk kita bahas bersin terus-menerus di bawah ini.

Bersin Terus-Menerus, Bahayakah?

Bersin adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan atau membuang benda asing yang menyebabkan masalah pada hidung dan tenggorokan. Benda asing tersebut bisa berupa banyak hal, seperti debu, asap, virus atau bakteri.

Ketika benda asing memasuki hidung, sistem saraf rongga hidung mengirimkan sinyal ke otak untuk memberitahu bahwa ada yang tidak beres dengan hidung. Otak adalah pusat kendali untuk proses bersin. Setelah menerima sinyal ini, otak mengirimkan pesan ke otot-otot tubuh, seperti otot dada, otot perut, diafragma, otot glotis, otot faring, dan otot kelopak mata, untuk bersiap mengeluarkan benda asing tersebut dari hidung

Ketika kamu akan bersin, biasanya hidung akan sedikit gatal, lalu kamu menguap sedikit untuk meningkatkan tekanan udara di dalam hidung. Otot-otot tubuh kemudian bekerja sama untuk mengeluarkan benda asing dari hidung dan terdengar suara “hachiiim” dari mulut.

Penyebab Bersin Terus-Menerus

Jika ada benda asing di hidung, mukosa hidung yang halus mengirimkan sinyal ke otak untuk membersihkan hidung.

Biasanya, proses ini mengeluarkan air, lendir, dan udara dari hidung dengan kekuatan yang cukup besar, yang menyebabkan benda asing keluar saat bersin. Meski bersin tidak berbahaya, kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman jika terus berlanjut. Ketahui berbagai penyebab bersin terus-menerus sehingga kamu bisa menghentikannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Alergi

Hal yang terpenting, alergi disebabkan oleh reaksi kekebalan yang berlebihan terhadap benda atau zat tertentu seperti kutu, kutu, bulu binatang, serbuk sari, asap rokok, parfum atau debu.

Saat kamu terpapar pemicu alergi (allergen), hidung akan terasa gatal dan tubuh kamu berusaha menyingkirkan allergen tersebut. Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan orang sering bersin akibat alergi adalah Rhinitis Alergi.

2. Perubahan Cuaca

Begitu pula, perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat menyebabkan kamu bersin yang tidak kunjung hilang. Namun, ketika suhu tubuh telah beradaptasi dengan suhu yang baru, bersin mungkin akan berkurang secara perlahan.

3. Kontak Langsung dengan Hewan

Meskipun, kontak langsung dengan hewan juga bisa menyebabkan bersin yang sulit dihentikan. Demikian juga, kontak dengan bulu, air liur, sel kulit mati, dan urin hewan dapat memicu alergi dan menyebabkan seseorang bersin terus-menerus.

4. Infeksi

Bagian dari infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus flu sering menjadi penyebab utama bersin. Ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kamu melemah.

Kebanyakan flu disebabkan oleh adenovirus dan rhinovirus. Cara menghindari infeksi dan penularan adalah dengan menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang sehat, olahraga teratur dan konsumsi vitamin C.

5. Iritasi Hidung

Bersin juga bisa disebabkan oleh iritasi atau peradangan pada hidung. Beberapa penyakit atau kondisi yang biasa menyebabkan bersin adalah pilek, influenza atau flu, dan rhinitis.

Selain itu, bersin juga bisa terjadi saat seseorang menghirup zat atau gas yang bisa mengiritasi hidung, seperti cabai atau merica. Ini karena kedua produk tersebut mengandung piperin, senyawa kimia yang menciptakan rasa pedas.

6. Olahraga

Faktanya, olahraga juga diketahui memicu bersin pada beberapa orang. Hal ini karena saat berolahraga, aliran darah ke hidung berkurang sehingga membuat hidung lebih kering dan mudah bersin.

Selain itu, saat berolahraga, seseorang bernapas lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Hal ini meningkatkan risiko menghirup benda asing seperti debu dan memudahkan bersin.

7. Konsumsi Makanan Tertentu

Biasanya makanan yang pedas dan panas dan proses memasak yang menggunakan bumbu bisa membuat kamu bersin. Biasanya, bersin akibat makanan bisa berhenti setelah kamu selesai makan.

Cara Mengatasi Bersin

Sama seperti berkedip, bersin adalah sesuatu yang terjadi secara refleks dan tiba-tiba. Ada baiknya untuk mengetahui kenapa kamu bersin, seperti:

  • Pastikan untuk mencari tahu penyebab bersin yang tidak kunjung hilang. Setelah itu, pastikan agar kamu menghindari penyebab yang menyebabkan bersin.
  • Jika bersin disebabkan oleh makan, pastikan untuk makan perlahan.
  • Kamu juga dapat mencoba mencubit cuping hidung atau pangkal hidung di antara kedua mata untuk mencegah bersin.

Apabila bersin kamu belum kunjung hilang, kami sarankan untuk konsultasikan ke dokter kamu ya agar mendapat penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Bersin Terus-Menerus? Ini dia Penyebabnya

Healthline. Akses pada 2022.Why Do We Sneeze?
Healthline. Akses pada 2022. How to Stop Sneezing.
MedlinePlus. Akses pada 2022. Sneezing
WebMD. Akses pada 2022. 11 Surprising Sneezing Facts

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn