Cara Aman Terhindar dari DBD! Ini Dia 8 Tipsnya!

Cara Aman Terhindar dari DBD! Ini Dia 8 Tipsnya!

ReliDoc – Jakarta. Suara nyamuk sering terdengar padahal udah di dalam rumah? DBD mengintai kamu apabila tidak ada penanganan terhadap nyamuk loh Reli Friends. Nah, kita kasih tips biar nggak terganggu sama nyamuk dan juga cara aman terhindar dari DBD. Cek di bawah ini yuk!

Cara Aman Terhindar dari DBD

Demam Berdarah Dengue atau DBD adalah penyakit yang sering kita jumpai, terutama pada saat musim hujan. Penyakit ini tertular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan penyakit ini sangat dipengaruhi oleh faktor alam seperti suhu lembab dan curah hujan. Tentunya dengan masalah DBD yang ada ini, perlu adanya pencegahan, bukan hanya untukmu saja, tapi juga untuk keluargamu loh!

Delapan Tips agar Kamu dan Keluarga Terhindar dari DBD

Berikut, ini dia 8 tips yang bisa kamu lakukan dalam mencegah DBD :

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Tipsnya sangat mudah, akan tetapi sering kita abaikan. Rumah yang bersih mencegah banyak penyakit. Hal ini karena sebagian besar penyakit berasal dari bakteri dan hewan yang hidup di tempat yang lembab dan kotor, seperti nyamuk. Baca juga Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan yang Harus Anda Ketahui!.

Baik air mengalir maupun air tenang adalah sarana nyamuk bertelur dan berkembang biak. Ember dan vas air harus selalu diganti. Mengikis permukaan meninggalkan telur nyamuk. Wastafel yang menggenang, mesin cuci, tempat sampah, dispenser, dan selokan harus selalu kita bersihkan.

2. Gunakan Semprotan Nyamuk atau Oles Obat Anti Nyamuk

Anda juga dapat menggunakan obat nyamuk atau semprotan topikal untuk menghindari gigitan nyamuk demam berdarah. Namun, pilihlah repellent yang mengandung bahan kimia yang aman seperti DEET, picaridin, atau IR3535.

Jika ingin menggunakan bahan alami, Anda bisa memilih minyak kayu putih (eucalyptus) atau minyak esensial lavender, lemon, peppermint atau serai.

3. Buang atau Daur Ulang Barang Bekas

Barang bekas yang menumpuk di rumah Anda bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk dan bakteri lainnya. Pastikan rumah Anda bebas dari ruang kecil yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya penyakit seperti demam berdarah, atau buang barang-barang yang tidak terpakai sehingga Anda dapat menggunakan kembali sampah bekas yang dapat didaur ulang. Disarankan juga untuk menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah. Terutama barang bekas yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk DBD.

4. Pasang Kelambu dan Tirai

Memasang kelambu di tempat tidur dan tirai di pintu dan jendela adalah cara untuk mencegah demam berdarah dengue. Kelambu dan tirai dapat mencegah nyamuk memasuki ruangan di rumah Anda dan menggigit Anda dari luar.

Kedua hal ini dapat membantu ruangan maupun rumah kamu terhindar dari gangguan nyamuk-nyamuk, terutama nyamuk demam berdarah.

5. Mengenakan Pakaian Tertutup

Pilih pakaian yang menutupi tubuh Anda (lengan panjang, celana panjang, maupun jaket) saat musim hujan, tentunya bertujuan untuk mencegah gigitan nyamuk.

Selain itu, pastikan bahan pakaian Anda sejuk, mudah menyerap keringat, dan memungkinkan aliran udara untuk mencegah panas keringat. Selain bahan pakaian Anda, harus perhatikan pula warna pakaian Anda.

Warna gelap menarik nyamuk, sedangkan pakaian warna-warni tidak menyerap panas, tetapi juga mengusir nyamuk.

6. Menggunakan Bubuk Larvasida

Taburkan bubuk larvasida untuk membantu membunuh jentik dan telur nyamuk di area yang dapat menampung air tetapi sulit untuk dikuras, seperti talang air. Penggunaan bubuk ini sebaiknya taburkan tidak hanya saat talang penuh, tapi juga saat kosong.

7. Dapatkan Vaksin DBD

Meski tidak bisa mencegah gigitan nyamuk, vaksin ini bisa mencegah gejala demam berdarah yang parah, tapi memberikan perlindungan yang baik bagi orang yang sebelumnya pernah terkena DBD. Namun, perlindungan ini tidak sempurna. Terkadang orang yang pernah terkena demam berdarah bisa mendapatkannya lagi meski sudah divaksinasi.

8. Konsumsi Vitamin C

Penyakit seperti demam berdarah dengue timbul karena virus. Oleh karena itu, daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah virus ini menimbulkan masalah dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh ini menggunakan vitamin C yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran seperti jambu biji, jeruk, kiwi, brokoli, stroberi, tomat, dan bayam, ataupun dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Selain vitamin C, gaya hidup sehat termasuk makanan bergizi, olahraga teratur, dan banyak istirahat juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

DBD sulit terdeteksi. Oleh karena itu, jika Anda melihat gejala DBD, seperti bercak merah pada kulit, demam, dan berbagai gejala lainnya, segera periksakan ke dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Aman Terhindar dari DBD! Ini Dia 8 Tipsnya!

Centers for Disease Control and Prevention. Akses pada 2024. Dengue. Dengue Vaccine.
Centers for Disease Control and Prevention. Akses pada 2024. Dengue. Prevent Mosquito Bites.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Akses pada 2024. Sekilas Tentang Vaksin Dengue.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2024. Upaya Pencegahan DBD dengan 3M Plus.
Health Direct. Akses pada 2024. Dengue Fever.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn