Cara Bermain Tenis Lapangan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Cara Bermain Tenis Lapangan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Kamu suka dengan program acara olahraga tenis lapangan, seperti baru-baru ini acara Turnamen Olahraga Selebriti Indonesia TOSI season 2, pertandingan Final Best Couple Tenis Ganda Campuran, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melawan pasangan Tanta Ginting dan Danelta Eunika, yang digelar di GOR UNJ, Jakarta Timur, Minggu lalu, 04 Februari 2024. Tapi bingung memulai dari mana? Yuk simak, cara bermain tenis lapangan di sini! Bukan hanya teknik dan poinnya, tapi kita juga akan membahas tentang manfaat tenis lapangan untuk kesehatan loh.

Cara Bermain Tenis Lapangan dan Tekniknya

Bermain tenis lapangan dapat dilakukan tunggal dan ganda. Tujuannya yaitu memukul bola ke daerah lawan. Pemain harus terus bergerak di dalam lapangan sambil memukul bola ke daerah lapangan lawan, yang sehingga lawan kesusahan saat mengembalikan bola atau melakukan kesalahan sehingga kita mendapatkan poin. Pemenang adalah pemain yang pertama mampu memenangkan dua set di antara total 3 set permainan.

Teknik dasar dari permainan tenis lapangan yang sebaiknya perlu kamu kuasai adalah posisi siap menerima servis (stance), gerakan kaki (footwork), dan berbagai jenis teknik pukulan. Berikut adalah tekniknya :

1. Stance

Stance adalah sikap siap menerima pukulan dari lawan, baik ketika lawan melakukan servis maupun saat memukul dalam permainan yang sedang berjalan. Dengan bentuk stance yang bagus, kamu dapat mengembalikan bola, seperti yang banyak pemain tenis papan atas lakukan loh.

Posisi yang baik adalah menekuk lutut hingga setengah berjongkok dan tetap menatap bola yang datang. Pastikan tangan kanan memegang raket dengan kuat sementara tangan kiri menopang leher raket (atau sebaliknya jika kamu kidal).

2. Gerakan Kaki (Footwork)

Gerakan kaki yang baik dapat membuat kamu untuk bergerak secara leluasa di atas lapangan tenis yang lebar.

Salah satu gerakan kaki populer bagi petenis adalah tipe gerakan kaki dua langkah (footwork two step). Gerakan ini digunakan untuk menyamping ke dua sisi dan bergerak menjauh dari lapangan, cocok untuk mengejar bola yang dipukul dengan lebar oleh lawan.

Pemain juga biasanya mengandalkan pukulan forehand dan backhand, ia bisa berdiri di tengah dekat lapangan agar dapat menguasai datangnya bola dari semua sudut lapangan. Dasar dari gerakan kaki ini adalah satu kaki berfungsi sebagai tumpuan dan kaki lainnya bergerak ke belakang, ke depan, ke samping kanan dan kiri.

3. Teknik dalam Memukul

Ada 4 teknik pukulan dalam olahraga tenis lapangan, yakni servis, forehand drive, backhand drive, dan volley.

  • Servis: pukulan awal
  • Forehand: pukulan dengan posisi lengan terbuka
  • Backhand: pukulan dengan posisi lengan menyilang di depan badan
  • Volley: pukulan dengan raket tenis berada di atas kepala

Dari keempat pukulan tersebut, backhand adalah jenis pukulan yang sering digunakan.

Sistem Skor Tenis

Selain cara bermain tenis lapangan dengan benar, kita juga harus tahu terutama dalam hal sistem skor atau penilaiannya. Sistem penilaian untuk olahraga ini berdasarkan pada aturan Federasi Tenis Internasional (International Tennis Federation atau ITF). Permainan tenis lapangan terdiri dari 3 set dan yang pertama memenangkan 2 set adalah pemenangnya.

1. Game atau Poin

Untuk mendapatkan 1 poin, kamu perlu 4 kali memenangi bola dari lawan. Perhitungan skor tenis dengan skor pertama = 15, skor kedua = 30, skor ketiga = 40, skor keempat = 1 poin (game). Sedangkan, untuk memenangi satu set, kamu  harus mendapatkan 6 game (tanpa tie break).

2. Deuce

Deuce terjadi ketika kedua pemain skornya sama-sama 40. Sehingga salah satu pemain harus memenangi bola dua kali berturut-turut untuk mencapai game.

3. Advantage Game

Advantage game dapat terjadi saat salah satu pemain memenangi bola pertama setelah deuce (skor seri).

4. Advantage Set

Advantage set sendiri dapat terjadi saat salah satu pemain merebut game 6 setelah posisi poin 5-5.

5. Tie Break

Tie break adalah situasi di mana kedua pemain sama-sama mendapat game 6-6. Sehingga, pemain harus mencapai game 7 untuk memenangi game. Tapi, apabila skor sama-sama 6, maka selisih dua poin harus dicari (8-6, 9-7, 10-8, dan seterusnya).

Manfaat Bermain Tenis Lapangan untuk Kesehatan

Memang, olahraga ini sangat efektif untuk melatih tubuh karena semua anggota tubuh bekerja, tangan, kaki bahkan tubuh bagian atas dan bawah. Karenanya, kondisi ini telah terbukti bermanfaat bagi tubuh. Manfaat meliputi:

1. Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Olahraga tenis lapangan dapat membantu dalam membakar kalori dan mempengaruhi penurunan berat badan. Hal ini karena gerakan dalam tenis lapangan sangat intens, mulai dari tubuh bagian atas hingga tubuh bagian bawah.

2. Menjaga Massa Otot

Dalam tenis terdapat gerakan ayunan, lari dan lompat. Urutan gerakan ini sangat umum dalam olahraga ini. Gerakan ini membantu menjaga agar massa otot tidak terjadi penyusutan.

3. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Saat kamu berlatih tenis, tanpa sadar kamu melakukan latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung.

Peningkatan denyut jantung meningkatkan oksigen dan aliran darah dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Bermain tenis secara teratur memberikan dukungan optimal untuk sistem kardiovaskular kamu loh.

4. Membantu Melatih Tulang

American National Institutes of Health merekomendasikan olahraga tenis untuk menyehatkan tulang. Hal ini terjadi karena gerakan tenis yang variatif didukung oleh vitamin D yang didapat dari paparan sinar matahari ketika bermain tenis di luar ruangan. Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, pilih waktu terbaik seperti pagi hari sebelum pukul 12 siang.

5. Meningkatkan Fleksibilitas

Pemain tenis harus mengejar dan memukul bola yang dipukul oleh lawannya. Gerakan-gerakan yang diperlukan untuk tujuan ini membantu meningkatkan kelenturan tubuh kamu.

Nah, itu dia manfaat bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu bermain tenis lapangan. Jadi bisa kamu terapkan nih, olahraga tenis lapangan di kehidupan sehari-hari kamu. Tentunya, apabila kamu ada keluhan kesehatan sebelum olahraga atau mengalami cedera saat berolahraga, bisa dikonsultasikan terlebih dahulu ya ke dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Bermain Tenis Lapangan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Better Health. Akses pada 2024. Tennis
International Tennis Federation. Akses pada 2024. Rules of Tennis
VeryWellHealth. Akses pada 2024. 9 Health Benefits of Playing Tennis

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn