Cara Membangun Kebiasaan Hidup Sehat

Cara Membangun Kebiasaan Hidup Sehat

ReliDoc – Jakarta. Reli Friends, ketika kamu sudah bertambah usia, kamu mulai memikirkan kesehatan tubuh kamu. Tetapi, terkadang membangun kebiasaan yang sehat memang tidak mudah. Sehingga di sini, akan kami beritahu cara-cara membangun kebiasaan hidup sehat. Yuk simak artikelnya!

Cara Membangun Kebiasaan Hidup yang Sehat

Pada kenyataannya, kami tahu bahwa pilihan yang sehat dapat membantu Anda merasa lebih baik dan hidup lebih lama. Sementara, Anda mungkin telah mencoba memperbaiki pola makan Anda, berolahraga lebih banyak, tidur lebih banyak, berhenti merokok, atau mengurangi stres Anda, yang mana hal ini tidak mudah.

Walaupun, banyak hal yang Anda lakukan memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda sekarang dan di masa depan. Sehingga, membuat pilihan yang sehat dapat mengurangi risiko beberapa masalah kesehatan yang paling umum, mahal, dan dapat dicegah, termasuk penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas.

Berikut merupakan cara untuk membangun kebiasaan sehat:

1. Kenali Kebiasaanmu

Faktanya, hal-hal rutin yang Anda lakukan, mulai dari menyikat gigi hingga minum susu setiap malam, bisa menjadi kebiasaan. Kendatipun begitu, perilaku berulang yang membuat Anda merasa baik dapat memengaruhi otak Anda dengan cara yang menciptakan kebiasaan yang mungkin sulit diubah. Pastinya, kebiasaan bersifat otomatis di mana kebiasaan terjadi tanpa banyak berpikir.

Sebab itu, untuk membuat kebiasaan hidup sehat, kamu harus temukan pola perilaku Anda dan pemicu kebiasaan tidak sehat yang ingin Anda ubah terlebih dahulu.

Kadang-kadang, Anda mungkin makan berlebihan saat menonton TV atau bergaul dengan teman-teman selama istirahat merokok walaupun Anda tidak menginginkan rokok. Karenanya, kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk dan Anda dapat mencoba untuk mengubahnya. Misalnya, makan sambil mematikan TV, atau melakukan aktivitas sehat seperti jalan-jalan bersama teman. Penting untuk diingat, bahayanya menjadi perokok aktif.

2. Membuat Rencana

Pertama, buat rencana dengan tujuan kecil dan lakukan tindakan nyata untuk mencapainya walaupun rencana tersebut kecil. Selanjutnya, pikirkan tentang apa yang Anda pikir diperlukan untuk menjadi sukses. Bagaimana Anda bisa mengubah hal-hal di sekitar Anda untuk mendukung tujuan Anda? Sehingga, Anda perlu menyimpan makanan sehat, menghilangkan godaan, dan menemukan tempat khusus untuk bersantai.

Maka, libatkan teman dan keluarga Anda. Pendek kata, penelitian menunjukkan bahwa perilaku kesehatan orang cenderung mencerminkan perilaku keluarga dan teman mereka.

3. Lakukan Kebiasaan Kecil

Penting untuk disadari, perubahan perilaku besar seringkali membutuhkan motivasi tingkat tinggi. Sebaiknya mulailah dengan kebiasaan kecil terlebih dahulu untuk membuatnya semudah mungkin untuk mengambil kebiasaan baru. Misalnya, jalan kaki singkat setiap hari bisa menjadi awal dari rutinitas olahraga. Atau, menyimpan apel di saku Anda setiap hari dapat mengarah pada diet yang lebih baik.

4. Lakukan Setiap Hari

Pelajarannya adalah bahwa kebiasaan membutuhkan waktu lama untuk terbentuk, tetapi semakin sering Anda melakukannya, semakin cepat mereka terbentuk. Jadi, mari kita mulai dengan sesuatu yang sangat sederhana dan masuk akal. Anda lebih cenderung mempertahankan rutinitas olahraga Anda dengan melakukan beberapa latihan kecil setiap hari, seperti lompat tali, melakukan yoga, atau jalan singkat, daripada pergi ke gym tiga hari seminggu. Ketika latihan harian Anda menjadi kebiasaan, Anda dapat menemukan bentuk latihan baru yang lebih intens.

5. Sabar

Masalah kesehatan lainnya dapat menghalangi ketika Anda mencoba menerapkan kebiasaan yang lebih sehat. Anda tidak pernah terlalu kurus, terlalu gemuk, atau terlalu tua untuk melakukan perubahan yang sehat. Cobalah berbagai hal sampai Anda menemukan yang paling cocok untuk Anda.

6. Self Reward

Walaupun perasaan senang dari manajemen stres bisa menjadi hadiah itu sendiri, tetapi juga bagus untuk memiliki hadiah yang lebih nyata ketika Anda memulai kebiasaan baru. Hadiah yang Anda berikan kepada diri sendiri bersifat pribadi. Ini adalah pilihan yang masuk akal dan Anda mungkin tahu insentif terbaik untuk Anda kesuksesan sendiri, cobalah memberi hadiah sesuatu yang kecil dan menyenangkan untuk Anda ketika sudah membuat kebiasaan baru.

Sekarang kamu bisa mencoba cara-cara membangun kebiasaan agar hidup kamu menjadi lebih sehat ya Reli Friends. Walaupun memang susah di awal, akan tetapi semua perubahan adalah proses, jadi jangan patah semangat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Membangun Kebiasaan Hidup Sehat

Health Direct. Akses pada 2024. Creating healthy habits
New York Times. Akses pada 2024. How to Build Healthy Habits
VeryWellMind. Akses pada 2024. Maintaining Healthy Habits-In Five Simple Steps

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn