Hidung Tersumbat? Begini Cara Penanganannya

Hidung Tersumbat? Begini Cara Penanganannya

ReliDoc – Jakarta. Reli Friends, hidung mampet dan tersumbat? Aktivitas kamu terganggu karena hidung yang nggak nyaman? Ingin tahu bagaimana cara melegakan hidung tersumbat kamu? Yuk mari simak artikelnya di sini.

Hidung Tersumbat? Kok Bisa?

Umumnya, hidung mampet atau tersumbat terjadi ketika jaringan yang melapisinya menjadi bengkak. Pembengkakan ini disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di dalam hidung. Proses peradangan ini merupakan hasil proses metabolisme tubuh dalam menghadapi adanya faktor ekstrinsik yang masuk ke tubuh baik infeksi, allergen, dan lainnya Proses peradangan umumnya dibarengi dengan keluarnya cairan dari hidung atau “hidung meler.” Jika kelebihan lendir mengalir di bagian belakang tenggorokan Anda (postnasal drip), itu dapat merangsang batuk hingga sakit tenggorokan.

Penyebab Hidung Tersumbat

Faktanya, hidung tersumbat atau berair dapat timbul oleh:

  • Batuk pilek (Common Cold) / Flu
  • Infeksi sinus
  • Alergi dari tumbuhan atau bunga
  • Polip hidung, atau tumor jinak di saluran hidung
  • Paparan bahan kimia
  • Iritasi lingkungan
  • Sinusitis kronis
  • Varian anatomi, seperti septum menyimpang, hipertrofi turbinate inferior, atau concha bullosa
  • Kelenjar gondok yang membesar
  • Penyakit refluks gastroesofagus atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), terutama pada bayi

Cara Merawat Hidung Tersumbat dari Rumah

Memang, hidung tersumbat juga biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu jika tidak ada proses infeksi yang memperberat dan lainnya. Ada beberapa tips dari kami yang mungkin dapat membantu meredakan gejala ini. Dari sup ayam hingga obat-obatan yang dijual bebas, ada banyak cara untuk meredakan penyakit ini. Jika sesak hidung tersumbat selama lebih dari dua minggu, hubungi dokter Anda. Jika tidak, gunakan tips ini untuk bernapas lebih mudah.

● Uap

Baik Anda mandi air panas atau minum teh panas, uap dapat membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari hidung. Tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk besar untuk membantu agar lebih cepat. Condongkan tubuh ke mangkuk untuk menghirup uapnya. Anda bisa melakukan ini 3-4 kali sehari.

● Sup ayam

Sup Kaldu hangat membantu melonggarkan lendir, dan kaldu ayam merupakan hal yang umum biasa dikonsumsi agar membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi gejala hidung tersumbat.

● Dekongestan

Demikian pula, dekongestan membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan saluran hidung yang teriritasi. Banyak dekongestan tersedia tanpa resep dokter.

Serta, dekongestan datang dalam dua bentuk, semprotan hidung dan tablet. Semprotan hidung dekongestan yang umum termasuk oxymetazoline dan momethasone. Dekongestan umum yang dikonsumsi secara oral termasuk pseudoefedrin atau phenylpropanolamine.

● Antihistamin atau obat alergi

Jika hidung tersumbat Anda disebabkan oleh reaksi alergi, Anda disarankan untuk mengonsumsi antihistamin atau obat alergi. Kedua jenis obat tersebut membantu mengurangi pembengkakan hidung dan membuka penyumbatan sinus. Ini dapat membantu.

Kombinasi obat-obatan, termasuk antihistamin dan dekongestan, dapat meredakan pembengkakan pada sinus yang disebabkan oleh reaksi alergi. Ini juga dapat membantu dengan mengurangi sakit tenggorokan dengan mengurangi reaksi peradangan di sekitar tenggorokan.

● Permen Peppermint

Peppermint dan bahan aktif utamanya, mentol, adalah dekongestan alami. Anda juga bisa minum teh mint. Tersedia secara komersial atau buatan sendiri: Rendam 1 sendok teh peppermint kering dalam air mendidih selama 10 menit. Minum segelas hingga 5 kali sehari.

● Gunakan Humidifier

Humidifier adalah cara cepat dan mudah untuk meredakan nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Menghirup udara lembab ini dapat membantu mengurangi pembengkakan jaringan yang meradang dan pembuluh darah di hidung dan sinus Anda. Beberapa orang mengklaim bahwa udara yang dipanaskan dan dilembabkan juga membantu meningkatkan drainase lendir yang tersumbat.

● Mandi Air Hanga

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat dan mandi air panas membuat Anda lebih mudah bernapas?

Lebih lanjut, uap dari air hangat dapat membantu melonggarkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi air panas dapat mengembalikan pernapasan Anda menjadi normal, setidaknya untuk sementara. Efek serupa dapat dicapai dengan menghirup uap air panas di wastafel.

● Minum Cukup

Apabila gejala berasal dari pilek atau flu, penting untuk minum banyak cairan. Jika Anda juga mengalami sakit tenggorokan, minuman air putih saja cukup juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yang tidak nyaman dengan meningkatkan rehidrasi tubuh dan memperlancar peredaran aliran darah di seluruh tubuh.

● Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat membantu meringankan beberapa gejala hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar.

Untuk membuat kompres hangat, pertama-tama rendam handuk dalam air hangat. Selanjutnya, peras air dari handuk, lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi Anda.

Panas mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan di lubang hidung. Ulangi ini sebanyak yang diperlukan.

Nah, sekarang kamu tahu bagaimana cara merawat ketika kamu terkena hidung tersumbat kan? Caranya sangat mudah dan simpel, apabila hidung kamu masih tersumbat lebih dari dua minggu. Lakukan konsultasi ke dokter kamu.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Hidung Tersumbat

ClevelandClinic. Akses pada 2022. Nasal Congestion
HealthLine. Akses pada 2022. How to Clear a Stuffy Nose
HealthLine. Akses pada 2022. What Causes a Stuffy Nose?
WebMD. Akses pada 2022. 5 Ways to Get Rid of a Stuffy Nose

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn