Batuk Pilek (Common Cold)

Batuk Pilek

(Common Cold)

Batuk Pilek (Common Cold)

ReliDoc – Jakarta. Batuk pilek merupakan penyakit umum yang biasanya kita jumpai. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) loh Reli Friends. Mau tahu lebih lanjut, mari disimak tentang penyakit tersebut di artikel ini!

Apa itu Batuk Pilek?

Sakit batuk pilek (Common Cold) atau dalam istilah medisnya adalah Selesma, merupakan penyakit yang menginfeksi di saluran atas pernapasan Anda. Sementara, infeksi sendiri biasanya terjadi di bagian hidung dan tenggorokan. Walaupun memiliki gejala yang sama seperti flu atau influenza, akan tetapi berbeda dari flu atau influenza. Jadi, untuk flu sendiri berasal dari virus influenza, sedangkan untuk batuk pilek sendiri umumnya dari Rhinovirus.

Gejala Batuk Pilek

Selanjutnya, untuk gejalanya sama seperti flu akan tetapi tidak separah dengan influenza. Berikut merupakan gejala-gejalanya:

  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan dan gatal
  • Batuk-batuk
  • Badan terasa sakit dan tidak nyaman
  • Sakit kepala ringan
  • Bersin-bersin
  • Demam ringan
  • Sakit telinga
  • Hilang nafsu makan
  • Mata berair

Umumnya, gejalanya sendiri biasanya akan berakhir dengan cepat, minimal seminggu setelah terkena batuk pilek.

Penularan Batuk Pilek

Setidaknya penularan batuk pilek terjadi oleh beberapa hal umum, di antaranya:

  1. Penularan lewat udara. Apabila ada terdapat orang-orang yang sedang bersin-bersin maupun batuk, maka virus yang dikeluarkan akan disebarkan melalui udara.
  2. Kontak langsung dengan penderita common cold. Virus sendiri dapat menular ketika orang yang sedang sakit selesma menyentuh hidung atau mulutnya, lalu menyentuh tangan Anda.
  3. Menyentuh benda yang terkena virus. Virus sendiri dapat melekat hingga 2 jam di permukaan benda, dan dapat menyebabkan penularan ke Anda apabila tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Cara Pencegahan

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyebaran Selesma merupakan:

  • Mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar. Melakukan cuci tangan merupakan salah satu hal yang penting, terutama setelah berjabat tangan dengan penderita selesma, sebelum menyentuh hidung dan mulut, serta sebelum makan.
  • Gunakan Masker. Penggunaan masker dapat meminimalisir kamu terkena droplet dari seseorang yang terkena common cold.
  • Sterilkan peralatan. Bersihkan Benda-benda yang digunakan secara bersama-sama seperti gagang pintu, keran air, dan peralatan makan
  • Gaya hidup sehat. Tidur cukup, makan-makanan bergizi, dan berolahraga, merupakan hal yang bisa Anda lakukan dalam mencegah batuk pilek.
  • Konsumsi vitamin dan suplemen. Membantu menjaga imun tubuh tetap sehat dan kuat.
  • Manajemen stress agar imun kuat. Stres dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan, yang dapat membuat Anda lebih mudah sakit. Sehingga membutuhkan manajemen stress yang kuat.

Jadi, hindari bepergian di saat hujan. Karena, perubahan suhu tubuh mendadak saat kehujanan akan membuat respon imun lemah dan jadi mudah terinfeksi.

Pengobatan Batuk Pilek

Memang, tidak ada pengobatan yang spesifik untuk selesma, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengobati dari rumah Anda:

  • Istirahat yang cukup.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Melakukan berkumur dengan larutan garam.
  • Gunakan obat penurun panas bila demam.
  • Apabila terjadi penyumbatan di hidung, bisa gunakan semprotan hidung yang berisi larutan saline atau dekongestan.

Komplikasi

Berikut, beberapa komplikasi dapat terjadi apabila common cold masih belum sembuh:

1. Otitis Media

Infeksi ini terjadi pada bagian tengah telinga, yang di mana ada penumpukan cairan pada ruang di belakang selaput gendang telinga, yang berisiko memicu infeksi bakteri atau virus.

2. Serangan Asma

Ini biasanya terjadi kepada orang yang menderita asma sebelumnya, gejalanya merupakan sesak napas dan mengi kepada yang terkena serangan asma.

3. Bronkitis

Adanya iritasi pada lapisan dari cabang batang tenggorokan (bronkus), sehingga menyebabkan bronkitis.

4. Sinusitis

Biasanya terjadi gejala nyeri di bagian wajah, demam, sakit kepala, sesak napas, serta kehilangan kemampuan mengecap dan mencium bau.

5. Pneumonia

Peradangan yang terjadi menyebabkan pneumonia apabila komplikasi tidak segera ditangani, dan biasanya mengiritasi paru-paru.

Pada umumnya, Batuk Pilek atau Common Cold merupakan penyakit yang biasanya akan sembuh dengan cepat dan akan hilang dengan sendirinya, akan tetapi, apabila Anda masih mengalami batuk pilek yang lama, maka disarankan untuk melakukan konsultasi dan menerima saran dari dokter. Jangan biarkan batuk pilek mengganggu hari kamu.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Batuk Pilek

NHS. Akses pada 2024. Common Cold
WebMD. Akses pada 2024. Common Cold Symptoms: What’s Normal, What’s Not
WebMD. Akses pada 2024. Understanding the Common Cold — Prevention
WebMD. Akses pada 2024. What’s Causing my Cold

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn