Kebanyakan Ngemil Bisa Bikin Gemuk? Masa Sih?

Kebanyakan Ngemil Bisa Bikin Gemuk Masa Sih

ReliDoc – Jakarta. Apakah benar, kebanyakan ngemil bisa bikin gemuk? Masa sih? Yuk simak penjelasan mengenai manfaat dan kekurangan saat kamu ngemil dan bagaimana tips ngemil yang sehat di bawah ini.

Ngemil Bisa Bikin Gemuk?

Mungkin, kamu pernah mendengar bahwa ngemil dapat menyebabkan kamu gemuk. Sementara, banyak yang memberikan saran untuk makan lebih sedikit atau menghilangkan semuanya sekaligus. Tapi, jika kamu memiliki pekerjaan yang menuntut fisik atau pekerjaan dan gaya hidup yang sangat aktif, kamu membutuhkan camilan untuk energi kamu loh.

Faktanya, memang bahwa ngemil dapat membuat kamu gemuk loh, tapi faktor yang paling penting adalah jenis cemilannya. Makanan yang tinggi lemak, garam, gula dan kalori, tentu Anda berisiko mengalami kenaikan berat badan.

Contoh makanan ringan yang tidak sehat antara lain keripik kentang, gorengan, kue kering, permen, kue kering, dan es krim. Ngemil yang tidak sehat terus menerus dapat menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan obesitas.

Sehingga, bukan masalah ngemilnya ya, tapi jenis camilan yang kalian makan. Karena, saat makan camilan sehat, ngemil menjadi bagian dari diet sehat. Camilan sehat harus bergizi dan rendah kalori, termasuk buah-buahan, kacang-kacangan, coklat hitam, dan yogurt.

Manfaat dan Kekurangan Ngemil

Berikut ini ada beberapa manfaat dan kekurangan saat kamu ngemil nih :

Manfaat

  • Memberikan dorongan energi jika beberapa jam berlalu di antara waktu makan dan kadar glukosa darah turun.
  • Membantu mengekang nafsu makan untuk mencegah makan berlebihan pada waktu makan berikutnya.
  • Memberikan nutrisi ekstra saat memilih camilan tertentu seperti buah segar atau kacang-kacangan.
  • Dapat membantu menjaga kecukupan gizi jika seseorang memiliki nafsu makan yang buruk tetapi tidak dapat makan makanan lengkap, seperti karena sakit.

Kekurangan

  • Kenaikan berat badan yang tidak diinginkan jika porsi atau frekuensi ngemil terlalu banyak, menambah kalori berlebih.
  • Terlalu banyak ngemil dapat mengurangi rasa lapar pada waktu makan atau menyebabkan seseorang melewatkan makan sama sekali, yang meningkatkan risiko kehilangan nutrisi penting.
  • Asupan makanan ringan yang mengandung tambahan garam, gula, dan lemak tetapi rendah nutrisi dan tinggi kalori dapat meningkatkan preferensi untuk jenis makanan ini, yang mengarah pada perubahan perilaku makan dan kualitas diet (misalnya, asupan makanan ringan yang banyak dan yang lebih tinggi bersama dengan penurunan asupan makanan sehat).

Tips Ngemil yang Sehat

Makan terlalu banyak dan jenis makanan ringan yang salah (junk food) dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan. Nih, beberapa cara yang lebih baik untuk mengelola camilan kamu biar lebih sehat :

1. Camilan Hanya saat Lapar.

Makan karena bosan atau stres dapat menyebabkan makan berlebihan dan penambahan berat badan, sehingga perhatikan waktu makan kamu keseharian harinya dan rencanakan dengan tepat. Cek seberapa lapar kamu sebelum kamu makan, dan tuangkan makanan secukupnya.

Jika kamu merasa stres atau emosional, luangkan waktu untuk mengelola hal tersebut, coba lakukan olahraga ringan atau meditasi, daripada melakukan ngemil ya.

2. Rencanakan Camilan Sehat.

Makanan yang banyak lemak seperti keripik dan kue tidak apa-apa sesekali, tetapi cara terbaik untuk ngemil adalah dengan makan makanan yang padat nutrisi. Rencanakan dan siapkan camilan sebelumnya dan pilih makanan utuh seperti:‌

  • Buah segar
  • Sayur mentah
  • Susu rendah lemak
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Roti gandum utuh

3. Batasi Camilan Berkalori

Batasi kalori. Jika kurang aktif, rencanakan camilan bergizi hingga 200 kalori. Jika kamu merupakan orang yang lebih aktif, atau jika remaja yang aktif, rencanakan camilan antara 200 hingga 300 kalori.

4. Minum Air Putih

Air putih ataupun air mineral sangat penting untuk kesehatan yang baik. Kadang kita mengira haus sebagai lapar, yang berarti mungkin lebih banyak ngemil padahal kita merasa haus. Sehingga, cobalah minum banyak air putih atau air mineral sepanjang hari agar tetap terhidrasi.

Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti pola hidup sehat lainnya seperti makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat. Namun, bila ada keluhan mengenai kesehatan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya dapat diketahui dan ditangani dengan tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan kesehatan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kebanyakan Ngemil Bisa Bikin Gemuk? Masa Sih?

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. High-Calorie Foods and Snacks Ideas to Gain Weight.
Healthline. Diakses pada 2022. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight.
Healthline. Diakses pada 2022. Is Snacking Good or Bad for You?
WebMD. Diakses pada 2022. Myths about Snacking

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn