Kecanduan Rokok? Berikut Cara Berhenti Merokok secara Alami

Kecanduan Rokok Berikut Cara Berhenti Merokok secara Alami

ReliDoc – Jakarta. Kamu sering merokok, sampai akhirnya kamu kecanduan dan susah banget cara nanganinnya gimana? Nah, di artikel ini kita akan membahas cara untuk berhenti merokok secara alami. Yuk simak di bawah ini.

Kecanduan Rokok?

Konsumsi rokok atau tembakau dapat merugikan kesehatan baik perokok aktif maupun perokok pasif. Merokok merupakan penyebab utama penyakit seperti penyakit arteri koroner, stroke, hipertensi, kanker, penyakit paru-paru kronis, penyakit janin, penyakit pernapasan (Penyakit Paru Obstruksi Kronik atau disingkat PPOK dan asma), impotensi dan kesuburan. Jadi, hasilnya tidak hanya tagihan medis yang tinggi, tetapi waktu produktif juga dapat hilang.

Tembakau mengandung 4000 senyawa kimia, seperti zat kimia nikotin yang bersifat adiktif. Di antara 4000 racun tersebut ada 400 zat seperti pestisida, rodentisida, kapur barus, pembersih lantai, gas beracun, pengawet mayat, dan 43 racun karsinogenik (zat yang menyebabkan kanker) seperti tar dan aspal.

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah bagi perokok, terutama perokok berat. Namun, ada berbagai cara untuk berhenti merokok dan menghilangkan kebiasaan buruk ini. Dengan cara ini, tubuh dapat menjadi sehat kembali dan risiko berbagai penyakit berkurang.

Baca juga Bahayanya Menjadi Perokok Aktif.

Cara Berhenti Merokok secara Alami

Berikut beberapa cara untuk berhenti merokok secara alami yang bisa kamu lakukan adalah:

1. Buat Daftar Alasan Berhenti Merokok

Cara efektif pertama untuk berhenti merokok adalah dengan menuliskan alasan mengapa kamu ingin berhenti dan dengan daftar tersebut, kamu dapat mengingat alasan kamu ingin berhenti. Alasan-alasan ini dapat menjadi motivasi untuk berhenti merokok dengan lebih mudah.

Lalu, membuang semua barang yang berhubungan dengan tembakau seperti asbak dan korek api. Kamu juga dapat menetapkan target waktu kapan harus berhenti merokok dan kapan harus berhenti merokok.

2. Kelola Stres Kamu

Karena nikotin dalam rokok memiliki efek relaksasi langsung, stres bisa menjadi salah satu alasan kamu memutuskan untuk merokok. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok sebenarnya dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap stres loh.

Cobalah memanajemen stres kamu, seperti, mendengarkan musik, terapi pijat, atau meditasi. Juga, hindari situasi yang menyebabkan stres sebanyak mungkin.

3. Hindari Pemicu untuk Merokok

Cara lain yang efektif untuk berhenti merokok adalah dengan menghindari faktor-faktor yang membuat kamu mulai merokok lagi, seperti, bergaul dengan perokok lain, minum kopi, atau minuman beralkohol.

Jika terbiasa merokok setelah makan, coba alihkan perhatian kamu dari merokok, seperti mengunyah permen karet, makan camilan, atau menyikat gigi. Ketika kamu merasakan keinginan untuk merokok, kamu dapat menundanya dan melakukan aktivitas lain seperti berjalan, berolahraga, atau melakukan sesuatu yang kamu sukai.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Studi menunjukkan bahwa makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu mengekang keinginan untuk merokok lagi. Tak hanya itu, pola makan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus memulihkan nafsu makan yang telah berkurang akibat merokok.

5. Katakan “Tidak” Pada Rokok

Jika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah untuk mendisiplinkan diri sendiri. Mungkin kamu bakal  berkata, “Satu batang lagi saja deh, sudah cukup.” Tapi singkirkan pikiran itu ya. Bahkan jika itu hanya satu batang rokok, jika kamu merokok satu batang, hal tersebut dapat terus datang lagi dan lagi.

6. Olahraga Rutin

Selain membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat mengurangi kecanduan nikotin loh. Kamu bisa mencoba untuk hiking, berenang, bersepeda.

7. Hati-Hati terhadap Nicotine Withdrawal

Ketika Anda berhenti merokok, tubuh Anda kekurangan nikotin. Hal ini dapat menyebabkan gejala nicotine withdrawal yang ditandai dengan rasa sakit, mual, sakit kepala, rasa cemas, merasa emosional atau lekas marah.

Mereka yang ingin berhenti merokok biasanya juga mengalami gejala batuk. Gejala nicotine withdrawal umumnya muncul dalam 12 hingga 24 jam setelah berhenti merokok dan berangsur-angsur hilang dalam 2 hingga 4 minggu.

Jangan mencoba untuk kembali merokok jika mengalami gejala yang mengganggu ini, karena setelah tubuh terbiasa dengan keadaan bebas nikotin, gejala-gejala ini akan hilang dengan sendirinya dan kamu juga bisa berhenti merokok.

8. Support Group atau Layanan Konseling dapat Membantu Kamu

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mempunyai layanan konseling untuk membantu kamu stop merokok loh. Layanan ini dapat membantu orang yang ingin berhenti merokok tetapi memiliki akses dan waktu yang terbatas.

Ini dilakukan melalui komunikasi telepon yang memungkinkan kamu yang ingin berhenti merokok untuk menerima saran dan bimbingan, dan rujukan jika tindak lanjut diperlukan. Quit Line bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan kamu yang ingin berhenti merokok dan pada akhirnya mengurangi jumlah perokok di Indonesia.

Kamu dapat menghubungi 0-800-177-6565 ya.

9. Lakukan Hipnoterapi

Salah satu cara berhenti merokok adalah dengan terapi alternatif berupa hipnoterapi. Efektivitas hipnoterapi untuk berhenti merokok tidak pasti, akan tetapi ada yang bilang berhasil.

Selain cara-cara di atas, berbagai jenis obat-obatan seperti bupropion dan varenicline juga dapat membantu berhenti merokok. Namun, obat ini harus diminum sesuai petunjuk di bawah pengawasan dokter.

Berhenti merokok tidak mudah. Cukup banyak orang yang gagal. Namun, komitmen kamu untuk berhenti merokok akan sangat membantu kamu kedepannya apabila berhenti dari kebiasaan tersebut.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kecanduan Rokok? Berikut Cara Berhenti Merokok secara Alami

American Cancer Society. Akses pada 2024. Making a Plan to Quit and Planning Your Quit Day.
American Cancer Society. Akses pada 2024. Ways to Quit Tobacco Without Using Medicines
Mayo Clinic.Diakses pada 2024. Quitting Smoking: 10 Ways to Resist Tobacco Cravings.
Healthline. Akses pada 2024. What Do you Want to Know About Smoking Cessation?
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akses pada 2022. Ingin Berhenti Merokok? Hubungi Layanan Konseling Bebas Biaya 0-800-177-6565
MedicineNet. Akses pada 2024. Smoking and How to Quit Smoking
Verywell Mind. Akses pada 2024. 7 Symptoms of Nicotine Withdrawal.
WebMD. Akses pada 2024. Quit-Smoking Aids: Know Your Options.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn