Manfaat Bersepeda untuk Fisik dan Mental

Manfaat bersepeda untuk fisik dan mental

ReliDoc – Jakarta. Pagi-pagi weekend enaknya ngapain ya? Olahraga? Semua olahraga sebenarnya banyak keuntungan untuk kamu loh Reli Friends, tapi mungkin saatnya mencicipi olahraga naik sepeda di weekend ini. Yuk simak manfaat naik sepeda di sini.

Manfaat Bersepeda untuk Kamu

Umumnya, bersepeda adalah latihan aerobik bersifat low impact yang menawarkan banyak manfaat. Mereka juga bervariasi dalam intensitas dan cocok untuk semua level. Kita juga dapat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, untuk kegiatan rekreasi, dan kompetisi dengan intensitas tinggi.

Bersepeda adalah olahraga luar biasa yang membuat kamu tetap aktif. Ini dapat membantu membentuk gaya hidup sehat, baik secara fisik maupun mental.

Umumnya, orang dewasa dianjurkan untuk melakukan sekitar 150 menit latihan aerobik setiap minggunya. Bersepeda adalah contoh yang bagus karena ini adalah latihan yang sempurna untuk seseorang yang baru memulai rutinitas latihan mereka.

Bersepeda Untuk Kebugaran Kamu

Hanya 2-4 jam seminggu akan meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan. Bersepeda adalah:

  • Low impact – Lebih sedikit stres dan cedera dibandingkan kebanyakan latihan lainnya.
  • Latihan untuk otot yang kuat – Bersepeda merangsang semua kelompok otot terutama saat kamu mengayuh.
  • Mudah – Tidak seperti olahraga lainnya, bersepeda tidak membutuhkan kebugaran fisik yang tinggi. Kebanyakan orang tahu cara mengendarai sepeda, dan sekali belajar, mereka tidak akan pernah lupa.
  • Baik untuk daya tahan – Bersepeda meningkatkan daya tahan, kekuatan, dan kebugaran aerobik.
  • Intensitas yang kamu suka – Bersepeda dapat dilakukan dengan intensitas yang sangat rendah pada awalnya saat kamu pulih dari cedera atau penyakit, tetapi dapat ditingkatkan untuk latihan yang intens.
  • Efisiensi waktu – Bersepeda sebagai moda transportasi menggantikan waktu menetap (duduk) yang dihabiskan dengan mengendarai mobil atau menggunakan trem, kereta api dan bus dengan olahraga yang sehat.

Bersepeda Untuk Kesehatan

Manfaat bersepeda sendiri bukan hanya untuk kebugaran saja loh, untuk kesehatan mempunyai banyak manfaat juga, beberapa di antaranya yaitu:

1. Mengatasi Obesitas dan Manajemen Berat Badan

Faktanya, bersepeda mempercepat metabolisme kamu, membangun otot dan membakar lemak tubuh, menjadikannya cara yang bagus untuk mengontrol atau menurunkan berat badan. Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, bersepeda harus dikombinasikan dengan rencana makan yang sehat. Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan yang dapat divariasikan durasi dan intensitasnya. kamu dapat mengubahnya secara perlahan sesuai keinginan kamu.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Selain itu, bersepeda dapat mengurangi kamu terkena penyakit kardiovaskular termasuk stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Bersepeda secara teratur merangsang dan meningkatkan jantung, paru-paru dan sirkulasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda memperkuat otot jantung, menurunkan detak jantung saat istirahat, dan menurunkan kadar lipid darah.

3. Membantu Koordinasi dan Keseimbangan

Bahkan, bersepeda juga dapat meningkatkan keseimbangan. Mengendarai sepeda secara indoor atau outdoor mengharuskan kamu berada dalam posisi tertentu, sehingga membantu kamu mendapatkan bentuk tubuh dan menjaga postur tubuh kamu. Jika kamu ingin meningkatkan koordinasi kamu, bersepeda dapat membantu menstabilkan inti kamu.

4. Menjaga dari Cedera Tulang dan Radang Sendi

Memang,  bersepeda adalah latihan dengan dampak yang low impact, sehingga ideal jika kamu menderita radang sendi atau osteoartritis, karena bersepeda mengurangi ketegangan pada persendian kamu.

5. Baik Untuk Mental Kamu

Bersepeda juga baik untuk mental kamu. Pertama, membantu menghasilkan endorfin positif di otak. Bersepeda telah terbukti mengurangi kecemasan dan depresi, terutama karena hal itu menyenangkan dan kamu dapat melakukannya dengan teman-teman maupun keluarga.

Tips Aman Bersepeda Sehat

 Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan aktivitas bersepeda yang sehat dengan aman.

  • Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah bersepeda sehat untuk menghindari kerusakan otot dan sendi.
  • Bawalah air minum untuk menghindari dehidrasi saat bersepeda.
  • Gunakan jalur khusus sepeda untuk menghindari risiko kecelakaan.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan peralatan pelindung seperti helm dan kacamata bersepeda.
  • Pastikan sepeda kamu dalam kondisi aman dan siap dikendarai.

Jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan keselamatan kamu sebelum mengendarai sepeda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Bersepeda untuk Fisik dan Mental

Healthline. Akses pada 2022. 12 Benefits of Cycling, Plus Safety Tips
ClevelandClinic. Akses pada 2022. Health Benefits of Cycling and Dos and Don’ts
BetterHealth. Akses pada 2022. Cycling – health benefits

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn