Manfaat Pisang untuk Tubuh Kamu

Manfaat Pisang untuk Tubuh Kamu

ReliDoc – Jakarta. Pisang merupakan salah satu buah atau makanan yang mengenyangkan bahkan di gemari oleh semua kalangan. Kandungan di dalam buah pisang mempunyai banyak khasiat loh, ingin tahu? Yuk simak manfaat pisang untuk tubuh kamu di bawah ini!

Buah Pisang

Faktanya, di balik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa dengan mudah memetik berbagai manfaat pisang dengan mengonsumsinya secara rutin.

Memang, pisang menjadi salah satu buah yang paling sering dimakan oleh masyarakat Indonesia. Buah ini tumbuh subur di negara tropis seperti Indonesia.

Manfaat Pisang untuk Tubuh Kamu

Berikut beberapa manfaat buah pisang untuk tubuh kamu:

1. Manfaat Pisang Untukmu yang Asam Lambung

Walaupun, antasida dan obat bebas lainnya dapat membantu dalam mengobati refluks asam lambung, tapi dengan perubahan pola makan, ini dapat membantu meredakan gejala dan meredakan sensasi heartburn yang terjadi. Salah satu makanan yang bagus dalam menjaga asam lambung, merupakan pisang.

Pisang diketahui dapat mengatasi iritasi pada lapisan esofagus dan meredakan gejala nyeri akibat cairan asam yang naik dari lambung. Ini karena pisang bersifat basa sehingga dapat menetralkan asam lambung.

Pisang juga tinggi potasium, yang dapat meningkatkan produksi lendir di perut dan mencegah penumpukan asam berlebih. Buah ini juga mengandung serat larut, yang dapat membantu aliran makanan dengan mudah melalui saluran pencernaan. Dengan demikian, kesehatan saluran pencernaan bisa selalu terjaga. Mengonsumsi makanan berserat tinggi juga dapat membuat merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Tapi, makan terlalu banyak sekaligus atau terlalu cepat justru bisa memicu kambuhnya gejala asam lambung.

2. Sumber Energi yang Baik

Banyak anggapan bahwa pisang sebagai sumber karbohidrat yang baik. Pisang mengandung sekitar 27 gram karbohidrat. Karbohidrat terpecah dalam tubuh menjadi glukosa, yang merupakan sumber bahan bakar utama tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, suatu bentuk glukosa yang tersimpan di otot dan hati dan digunakan untuk energi selama beraktivitas.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Kandungan potasium pada pisang tidak hanya memberikan efek positif bagi kesehatan jantung, tetapi juga mencegah terjadinya penyakit ginjal. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang meningkatkan asupan potasium memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ginjal.

4. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan makanan yang sangat baik, tidak terkecuali pisang. Mereka mengandung beberapa antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina.

Antioksidan ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung. Mereka membantu mencegah kerusakan sel oksidatif yang timbul karena radikal bebas. Tanpa antioksidan, radikal bebas dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan kerusakan jika kadarnya di tubuh cukup tinggi.

5. Baik untuk Penurunan Berat Badan

Buah yang populer ini memang memiliki beberapa atribut yang membuatnya menjadi makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan.

Pertama, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Pisang rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori, namun bergizi dan mengenyangkan.

Makan lebih banyak serat dari sayuran dan buah-buahan telah berulang kali berhubungan dengan penurunan berat badan. Selain itu, pisang mentah dikemas dengan pati resisten, sehingga cenderung mengenyangkan dan mengurangi nafsu makan.

6. Meningkatkan Pencernaan

Serat telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan pencernaan. Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat.

Pati resisten, sejenis serat yang ditemukan dalam pisang matang, adalah prebiotik. Prebiotik dicerna dari pencernaan dan berakhir di usus besar, di mana mereka menjadi makanan bagi bakteri usus baik.

Selain itu, pektin, serat yang ditemukan dalam pisang matang dan mentah, dapat membantu mencegah sembelit.

Nah, itu dia manfaat pisang yang bagus untuk tubuh kamu, kamu bisa menambahkan pisang tersebut ke dalam diet makanan kamu loh. Tapi, tentunya pisang tidak bisa menghentikan penyakit ya, bahkan pisang yang sudah busuk itu sangat tidak baik bagi perut kamu. Maka apabila kamu terkena masalah di dalam perut, perlu dicek oleh dokter ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Pisang untuk Tubuh Kamu

Everyday Health. Akses pada 2022. 11 Banana Health Benefits You Might Not Know About.
Everyday Health. Akses pada 2022. The Health and Brain Benefits of Vitamin B6.
Verywell Fit. Akses pada 2022. Banana Nutrition Facts and Health Benefits.
WebMD. Akses pada 2022. How Potassium Helps Your Heart.
WebMD. Akses pada 2022. The Health Benefits of Bananas.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn