Gagal Ginjal Akut

gagal ginjal akut

ReliDoc – Jakarta. Kurangnya volume saat melakukan buang air kecil di kamar mandi? Hati-hati dengan ginjal kamu, siapa tahu bermasalah loh. Jangan sampai kamu terkena gagal ginjal akut ya Reli Friends. Yuk kita bahas di bawah ini tentang gagal ginjal akut!

Apa itu Gagal Ginjal Akut?

Gagal ginjal akut atau acute kidney injury (AKI) adalah suatu kondisi yang timbul secara mendadak di mana ginjal mengalami kerusakan dan tiba-tiba berhenti bekerja dengan baik. Umumnya kondisi yang terjadi bisa hanya dalam beberapa jam atau beberapa hari. Ini dapat berkisar dari kehilangan kecil sebagian fungsi ginjal hingga gagal ginjal total.

Ginjal adalah organ yang menyaring produk sisa metabolisme dari darah dan mengeluarkannya dalam urin. Ketika fungsi ini berhenti, produk limbah yang seharusnya dibuang maka akan  menumpuk dalam darah dan menyulitkan ginjal Anda untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh Anda.

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal akut sebagian besar timbul karena berkurangnya aliran darah ke ginjal. Biasanya kondisi ini cukup sering ditemui juga pada seseorang yang sudah tidak sehat atau orang dengan riwayat penyakit serius lain yang sudah ada. Berikut beberapa hal yang dapat mengurangi aliran darah ke ginjal:

  • Volume darah yang rendah akibat pendarahan, atau muntah dan diare berlebihan, atau dehidrasi parah
  • Kondisi kelainan jantung di mana jantung memompa lebih sedikit darah dari biasanya sebagai akibat dari gagal jantung, gagal hati atau sepsis
  • Obat-obatan tertentu yang mengurangi tekanan darah atau aliran darah ke ginjal, seperti ACE inhibitor, diuretik atau NSAID tertentu
  • Penyakit pembuluh darah.
  • Efek obat-obatan tertentu yang mempengaruhi suplai darah ke ginjal atau yang dapat mempengaruhi ginjal. Contohnya termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), obat tekanan darah tinggi seperti golongan ACE inhibitor atau diuretik, dan antibiotik tertentu.

Gagal ginjal akut juga dapat timbul karena masalah pada ginjal itu sendiri, seperti peradangan pada saringan filtrasi di ginjal (glomerulonefritis), pembuluh darah (vaskulitis), atau struktur lain di ginjal.

Selain di atas, mungkin juga dapat disebabkan oleh reaksi terhadap beberapa obat, infeksi atau zat kontras perwarna cair yang digunakan dalam beberapa jenis sinar-X.

Kadang-kadang, gagal ginjal juga bisa mungkin terjadi akibat adanya penyumbatan yang mempengaruhi drainase ginjal, seperti:

  • pembesaran prostat
  • tumor di panggul, seperti tumor ovarium atau kandung kemih
  • batu ginjal

Gejala Gagal Ginjal

Pada fase awal, gagal ginjal seringkali tanpa gejala dan hanya dapat didiagnosis dengan pemeriksaan laboratorium untuk fungsi ginjal seperti ureum dan kreatinin. Namun perlu kita ketahui bahwa penyakit ini berkembang sangat cepat dan dapat menyebabkan beberapa gejala pada orang yang terkena, seperti di bawah ini :

  • Merasa sakit atau sakit
  • Diare
  • Dehidrasi
  • Buang air kecil lebih sedikit dari biasanya
  • Kebingungan
  • Kantuk
  • Mual dan muntah.
  • Sesak napas.
  • Kelelahan
  • Kering
  • Nyeri dada.
  • Sakit punggung.
  • Perut sakit.
  • Hipertensi
  • Gangguan tidur.

Gagal ginjal dapat menyebabkan gejala yang berbeda pada orang yang berbeda. Gejala yang muncul tergantung dari tingkat keparahan penderita. Faktanya, gagal ginjal akut itu berbeda dengan penyakit gagal ginjal kronis, di mana ginjal secara bertahap kehilangan fungsinya dalam jangka waktu yang lama, sedangkan pada kasus akut terjadinya secara tiba-tiba.

Pencegahan Gagal Ginjal

Ada beberapa cara untuk mencegah gagal ginjal:

  • Jika dokter Anda meresepkan obat apa pun, pastikan untuk meminumnya sesuai petunjuk. Jangan mengurangi atau melebihi dosis yang ditentukan. Jika anda menderita penyakit kronis yang mengharuskan untuk minum obat rutin, pastikan rutin mengecek laboratorium fungsi ginjal anda.
  • Bicaralah dengan dokter Anda tentang pengobatan penyakit ginjal. Ikuti rekomendasi dokter Anda untuk melindungi tubuh Anda dari penyakit yang dapat menyebabkan gagal ginjal.
  • Pemeliharaan dan pengelolaan status kesehatan saat ini. Misalnya, penderita diabetes perlu menstabilkan kadar gula darahnya.
  • Terapkan kehidupan yang sehat. Olahraga teratur, diet sehat, minum air putih cukup, dan menghindari minuman beralkohol dapat membantu mengurangi risiko gagal ginjal.

Pengobatan Gagal Ginjal

Umumnya, pengobatan gagal ginjal akut butuh perawatan di rumah sakit. Namun, jika gejala membaik, pengobatan rawat jalan dapat dilakukan dengan kondisi berikut:

  • Pengobatan infeksi yang menyebabkan gagal ginjal akut.
  • Tingkatkan konsumsi air minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Tes darah untuk memantau kadar kreatinin dan garam.
  • Hentikan semua obat yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut.
  • Konsultasi dengan dokter ahli urologi dan ahli ginjal.

Beberapa orang dengan gagal ginjal akut dapat sembuh total, tetapi beberapa orang terus mengembangkan penyakitnya menjadi kondisi gagal ginjal kronis dalam jangka panjang sebagai akibatnya.

Dalam kasus yang parah metode dialisis, di mana mesin akan menyaring darah untuk membersihkan tubuh anda dari limbah berbahaya, mungkin diperlukan.

Komplikasi Gagal Ginjal

Gagal ginjal dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius, termasuk: Contoh:

● Anemia.

Jika ginjal Anda tidak berfungsi secara optimal, Anda berisiko tubuh Anda tidak dapat membentuk sel darah merah dengan baik. Akibatnya, penderita gagal ginjal lebih rentan terkena anemia.

● Tulang lemah.

Kerusakan ginjal dapat menyebabkan ketidakseimbangan mineral seperti fosfor dan kalsium dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan tulang lemah.

● Retensi cairan.

Orang dengan gagal ginjal berisiko mengalami retensi cairan, terutama di tubuh bagian bawah, ketika ginjal tidak dapat menyaring air dari darah dengan baik.

● Penyakit jantung.

Penyakit jantung dapat menyebabkan gagal ginjal, dan gagal ginjal yang tidak diobati juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

● Hiperkalemia.

Gagal ginjal dapat menyebabkan hiperkalemia, atau peningkatan kadar kalium. Pada kasus yang parah, hiperkalemia juga dapat menyebabkan gagal jantung sebagai komplikasi.

● Asidosis metabolik.

Disfungsi ginjal dapat menyebabkan asidosis metabolik. Ini terjadi ketika cairan tubuh penderita gagal ginjal mengandung asam berlebih. Asidosis metabolik dapat menyebabkan komplikasi seperti batu ginjal dan penyakit tulang.

● Komplikasi sekunder.

Banyak orang dengan gagal ginjal mengalami komplikasi sekunder. Misalnya, depresi, gagal hati, retensi cairan di paru-paru, kerusakan saraf, dan infeksi kulit.

Gagal ginjal akut merupakan kondisi serius yang perlu ditangani dengan cepat. Sangat penting bahwa pendeteksian gagal ginjal akut sejak dini dan segera lakukan pengobatan. Tanpa perawatan cepat, kadar garam dan bahan kimia yang tidak normal dapat menumpuk di dalam tubuh, yang memengaruhi kemampuan organ lain untuk bekerja dengan baik.

Jika ginjal mati total, ini mungkin memerlukan dukungan sementara dari mesin dialisis, atau bahkan dapat menyebabkan kematian. Gagal ginjal akut ini juga dapat menyerang anak-anak dan remaja. Waspada dan kenali gagal ginjal akut pada anak.

Segera lakukan konsultasi ke dokter anda agar mendapatkan penanganan yang tepat dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi gagal ginjal.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Gagal Ginjal Akut

Healthline.com. Akses pada 2022. Kidney Failure: Causes, Types, and Symptoms.
Mayo Clinic. Akses pada 2022. Acute Kidney Failure.
National Kidney Foundation. Akses pada 2022. What is Kidney Failure?

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn