Manfaat Susu untuk Kesehatan Kamu!

Manfaat Susu untuk Kesehatan Kamu!

ReliDoc – Jakarta. Susu merupakan produk minuman yang sering kita jumpai sehari-hari, terutama pada pagi hari sebelum kita berangkat kerja ataupun sekolah. Nah, manfaat susu itu sebenarnya banyak banget loh. Penasaran apa saja manfaat susu untuk kesehatan kamu? Yuk simak di sini.

Susu dan Kesehatanmu

Seperti yang kita ketahui, tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi dan protein setiap ketika kita menjalani aneka macam aktivitas. Maka, salah satu langkah mudah yang mampu kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan tadi merupakan memaksimalkan manfaat susu dengan rutin meminumnya.

Perlu kita pahami bahwa saat terbaik minum susu merupakan ketika sarapan pagi dan sebelum tidur. Dengan menerima manfaat minum susu secara rutin, kamu tidak hanya mampu menjaga tubuh kamu lebih semangat, akan tetapi kesehatan tubuh pun lebih terjaga.

Berbagai Manfaat Susu untuk Kesehatan

Orang yang mengonsumsi susu dan produk susu dapat mengurangi risiko massa tulang yang rendah. Makanan dalam kelompok susu menyediakan nutrisi penting seperti kalsium, kalium, vitamin D, dan protein.

Berikut merupakan beberapa manfaat susu untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui :

1. Susu Dikemas dengan Nutrisi

Faktanya, susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Susu menyediakan kalium, B12, kalsium dan vitamin D, yang kurang dalam banyak makanan. Susu juga merupakan sumber vitamin A, magnesium, seng, dan tiamin yang baik.

Selain itu, susu adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda, termasuk asam linoleat terkonjugasi (CLA) dan omega-3.

2. Sumber Protein Berkualitas yang Baik

Susu adalah sumber yang kaya protein, dengan hanya satu cangkir mengandung 8 gram. Protein perlu untuk banyak fungsi vital dalam tubuh Anda, termasuk pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan sel dan pengaturan sistem kekebalan tubuh.

Memang, ada anggapan susu sebagai “protein lengkap”, yang berarti mengandung sembilan asam amino esensial yang perlu bagi tubuh Anda untuk berfungsi pada tingkat yang optimal.

Ada dua jenis protein utama yang ada dalam susu :

  • Kasein merupakan mayoritas protein yang ada dalam susu sapi, terdiri dari 70-80% dari total kandungan protein. Whey menyumbang sekitar 20%.
  • Protein whey mengandung asam amino rantai cabang leusin, isoleusin dan valin, yang semuanya terkait dengan manfaat kesehatan.

Susu juga telah terbukti meningkatkan perbaikan otot pada atlet. Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum susu setelah berolahraga dapat mengurangi kerusakan otot, meningkatkan perbaikan otot, meningkatkan kekuatan otot, dan bahkan mengurangi nyeri otot.

3. Susu Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

Menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi merupakan salah satu manfaat susu. Kalsium dalam susu merupakan sumber zat yang membantu membangun kesehatan tulang dan gigi. Bagi anak-anak, manfaat susu biasa adalah untuk mengoptimalkan perkembangan dan kepadatan tulang saat mereka tumbuh, susu juga membantu mencegah kerusakan gigi.

Bagi orang dewasa, manfaat susu adalah untuk menjaga kekuatan tulang. Manfaat satu susu ini membantu kamu untuk beraktivitas setiap hari. Selain itu, minum susu secara teratur membantu mencegah osteoporosis. Susu juga mengandung vitamin D. Salah satu manfaat susu adalah vitamin ini, yang penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

4. Membantu Mencegah Kenaikan Berat Badan

Jika Anda sedang diet atau ingin menjaga berat badan untuk hasil terbaik, minum susu setiap hari adalah solusinya. Keuntungannya bisa mengurangi secara bertahap. Manfaat kenyang susu ini berasal dari protein dan kalori yang terkandung di dalamnya. Tentu saja, perasaan kenyang ini memungkinkan kamu untuk mempertahankan berat badan ideal Anda. Ingatlah untuk menggabungkan kebiasaan minum susu dengan olahraga teratur.

5. Bahan Serbaguna

Susu adalah minuman bergizi yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, ini adalah bahan serbaguna yang dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam makanan.

Selanjutnya, selain minum susu, cobalah memasukkan ide-ide ini ke dalam rutinitas harian Anda.

  • Smoothies: Basis protein tinggi yang sempurna untuk smoothie yang sehat. Coba padukan dengan sayuran hijau dan buah-buahan untuk camilan bergizi.
  • Sereal: Menyediakan alternatif air yang lezat dan bergizi saat menyiapkan oatmeal pagi atau sereal panas.
  • Kopi: Tambahkan ke kopi atau teh pagi, untuk nutrisi yang bermanfaat.
  • Sup: Tambahkan rasa dan nutrisi pada resep sup favoritmu.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Waktu tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan pola tidur kamu. Susu dapat membantu Anda mencapainya dengan membantu kamu mendapatkan istirahat yang cukup.

Manfaat susu ini berasal dari asam amino triptofan, yang membantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini bertindak sebagai penambah suasana hati yang positif dan dapat mencegah depresi. Suasana hati positif yang terbangun sebelum tidur memiliki dampak yang lebih positif dan positif pada kualitas tidur, memungkinkan Anda bangun dengan perasaan segar. Untuk kualitas tidur yang optimal, disarankan untuk minum susu sekitar 20-30 menit sebelum tidur.

Susu Tidak Cocok untuk Semua Orang

Meskipun susu mungkin merupakan pilihan yang baik bagi sebagian orang, yang lain tidak dapat mencernanya atau memilih untuk tidak mengonsumsinya. Banyak orang tidak dapat mentolerir susu karena mereka tidak dapat mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu.

Baca juga Intoleransi Laktosa.

Hal ini menyebabkan berbagai alternatif susu non dairy, termasuk:

  • Susu almond: Terbuat dari almond, alternatif nabati ini lebih rendah kalori dan lemak daripada susu sapi.
  • Santan: Minuman tropis yang terbuat dari daging dan air kelapa ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang ringan.
  • Susu mete: Kacang mete dan air digabungkan untuk membuat pengganti yang manis dan kaya ini.
  • Minuman Susu kedelai: Mengandung jumlah protein yang sama dengan susu sapi dan memiliki rasa yang ringan.
  • Susu rami: Alternatif ini terbuat dari biji rami dan menyediakan protein nabati berkualitas tinggi dalam jumlah yang baik.
  • Minuman Susu oat: Rasa pengganti ini sangat ringan dengan konsistensi yang lebih kental, menjadikannya tambahan yang bagus untuk kopi.
  • Susu beras: Pilihan yang bagus untuk mereka yang sensitif atau alergi, karena susu ini paling tidak alergi dari semua susu non dairy.

Saat memilih pengganti susu non dairy, perlu diingat bahwa banyak dari produk ini mengandung bahan tambahan seperti pemanis, perasa buatan, pengawet, dan pengental.

Nah, itu dia manfaat susu untuk kesehatan kamu, tentunya untuk susu sendiri tidak langsung membuat kamu sehat ya, apabila kamu mempunyai gejala penyakit, perlu dilakukan konsultasi ke dokter untuk penanganannya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Susu untuk Kesehatan Kamu!

Healthline. Akses pada 2022. 5 Proven Health Benefits of Milk
MedicalNewsToday. Akses pada 2022. Milk: Health benefits, nutrition, and risks
WebMD. Akses pada 2022. What Milk Can Do for You

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn