Obesitas

Obesitas

ReliDoc – Jakarta. Kelebihan berat badan karena kadar kalori yang berlebihan dalam tubuh, sehingga menjadi lemak. Ini adalah obesitas. Yuk, kenali obesitas lebih lagi di sini!

Apa itu Obesitas?

Obesitas atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kelebihan berat badan merupakan kondisi penumpukan lemak yang terjadi pada tubuh manusia yang akibatkan banyaknya mengkonsumsi kalori dan kurangnya pembakaran dalam tubuh. Obesitas dapat kita nilai dengan menghitung nilai Indeks Massa Tubuh (IMT). Jika IMT di atas 27 kg/m2 maka masuk kategori sebagai obesitas. Walaupun kondisi ini tidak sesederhana itu, karena obesitas dapat menyebabkan berbagai penyempitan pada bagian organ dalam, seperti penyempitan jantung dan paru-paru. Jika hal itu terjadi, maka akan muncul penyakit lainnya. Obesitas juga dapat membuat penderitanya mengalami stres dan penurunan rasa percaya diri. Faktanya, obesitas dapat menyerang semua kalangan, baik dari anak kecil hingga orang dewasa.

Penyebab

Penyebab obesitas pada umumnya terjadi karena kadar kalori dalam tubuh masuk dengan sangat banyak, melebihi kebutuhan tubuh dan tidak adanya pembakaran atau dengan kata lain penderitanya tidak melakukan aktivitas yang banyak yang dapat membakar kalori yang berlebihan tersebut, sehingga hal ini menjadi tumpukkan lemak berlebih dalam tubuh. Selain itu, obesitas juga dapat timbul karena adanya faktor genetik (turunan).  Berikut beberapa resiko penyebab dari obesitas, yaitu :

  • Gaya hidup atau lingkungan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat.
  • Pengalihan perasaan hati (Mood) ke makanan.
  • Berhenti merokok ternyata juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.
  • Obat-obatan, seperti steroid atau pil KB, juga dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan.
  • Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan
  • Faktor genetik atau turunan
  • Pola istrahat yang tidak baik
  • Tidak berolahraga atau kurang beraktivitas fisik

Bahaya Obesitas

Apakah obesitas berbahaya? Jawaban nya, tentu saja! Jika obesitas tidak mendapatkan penanganan atau si penderita tidak mau mengatur kadar kalori yang masuk dalam tubuh, maka hal ini dapat menyebabkan komplikasi, yang tentunya memunculkan berbagai penyakit serius, seperti:

  • Diabetes Tipe 2
  • Jantung dan stroke
  • Kanker
  • Masalah pencernaan
  • Masalah atau gangguan pernapasan

Adanya gangguan persendian, yang timbul karena adanya tumpuan yang begitu berat.

Pengobatan dan Pencegahan

Tujuan dari pengobatan obesitas adalah untuk menurunkan berat badan sehingga mencapai angka ideal, karena berat badan yang ideal dapat meningkatkan faktor kesehatan. Menurunkan berat dapat dengan diet sehat dan tentunya dengan bantuan ahli gizi. Namun harus kita ingat bahwa diet saja tidak cukup, harus juga berbarengan dengan gerakan tubuh, seperti berolahraga. Namun jika penderita sudah mengalami komplikasi seperti di atas, maka perlu untuk dilakukan penanganan dengan operasi ataupun mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Berikut beberapa cara pencegahan obesitas, yaitu:

  1. Memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan teratur
  2. Menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi
  3. Mengurangi kadar gula berlebihan
  4. Berolahraga secara teratur
  5. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan soda secara berlebihan
  6. Mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

Obesitas tentunya penyakit yang dapat kita cegah dan obati. Namun perlu kita ketahui bahwa menjaga pola hidup dan makan sangatlah berpengaruh dalam kondisi kesehatan tubuh kita. Maka dengan itu, makanlah dalam porsi yang tepat dengan kalori yang cukup, perbanyak sumber protein nabati, kurangi protein hewani, garam, dan gula tambahan, dan batasi makanan tertentu, seperti karbohidrat dan lemak, hal ini dapat menghindarkan kamu dari yang namanya obesitas.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Obesitas

Mayo Clinic. Akses pada 2023. Obesity
HelloSehat. Akses pada 2023. Obesitas
World Health Organization. Akses pada 2023. Obesity

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn