Seberapa Pentingkah Mencuci Tangan?

Seberapa Pentingkah Mencuci Tangan

ReliDoc – Jakarta. Reli Friends, kamu sering makan pakai tangan, ke kamar mandi, atau habis batuk? Jangan lupa cuci tangan kamu loh ya, ini merupakan salah satu kebiasaan yang penting dapat kamu lakukan loh. Seberapa pentingkah mencuci tangan? Yuk simak di bawah ini mengetahui untuk mengetahui lebih lanjut!

Pentingkah Mencuci Tangan?

Tentu saja, mencuci tangan membantu Anda tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi pernapasan dan diare. Selain itu, bakteri dapat menyebar dari orang ke orang atau permukaan ke orang jika:

  • Menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  • Menyiapkan atau memakan makanan atau minuman dengan tangan yang tidak dicuci.
  • Menyentuh permukaan atau benda yang mengandung bakteri.
  • Batuk atau bersin dengan tangan, atau menyentuh tangan orang lain atau benda umum.

 

Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang saat mencuci tangan adalah hanya menggunakan air dan tidak menggunakan sabun tangan. Faktanya, air saja tidak cukup untuk menghilangkan kuman dan bakteri dari tangan Anda. Mencuci tangan yang tidak benar sebenarnya tidak efektif dalam mencegah penyakit.

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Dengan sering mencuci tangan, Anda dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan orang yang Anda cintai. Berikut merupakan waktu yang tepat dalam mencuci tanganmu:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan dan pada saat makan
  • Saat sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit muntah atau diare
  • Sebelum dan sesudah merawat luka
  • Setelah menggunakan toilet
  • Sesudah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet
  • Setelah batuk, atau bersin
  • Sesudah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan
  • Setelah menangani makanan hewan peliharaan atau makanan hewan peliharaan
  • Setelah menyentuh sampah

Penyakit yang Dapat Terjadi jika Tidak Cuci Tangan

1. Penyakit yang Ditularkan Melalui Udara: Flu dan Batuk, Cacar Air, Meningitis

Umumnya, penyakit pernapasan menyebar dengan menghirup tetesan atau droplet yang terlepas ke udara ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Namun, patogen ini juga menyebar melalui kebersihan tangan yang buruk.

2. Norovirus

Penyebab gastroenteritis virus, norovirus dapat menyebar dengan cepat di fasilitas yang tidak memprioritaskan kebersihan tangan. Gejala umumnya merupakan diare, mual, muntah, dan sakit perut.

3. Escherichia Coli (E.Coli)

E. Coli dapat tertular melalui daging busuk atau dengan menyentuh permukaan yang terinfeksi, tetapi bakteri juga hidup di usus. Orang yang tidak mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar kecil dapat menyebarkan E.coli ke mana saja. Apabila terinfeksi maka beberapa gejala umumnya merupakan diare, kram perut, dan muntah.

4. Salmonella

Makan-makanan yang terkontaminasi salmonella, biasanya unggas atau hewan lain, dapat menyebabkan sakit perut yang tidak menyenangkan, kram, diare, dan demam, salmonella hidup di usus hewan maupun manusia. Anda juga dapat tertular dengan menyentuh telur atau ayam setengah matang di supermarket.

5. Hepatitis A

Virus penyebab hepatitis A biasanya menyebar melalui makan atau minum makanan yang telah terkontaminasi feses. Infeksi dan peradangan hati ini dapat menyebabkan sakit perut, muntah, urin berwarna gelap, kehilangan nafsu makan, dan nyeri sendi.

Cara Tepat Mencuci Tangan

Mencuci tangan itu mudah dan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran kuman. Tangan yang bersih membantu mencegah penyebaran kuman dari orang ke orang dan di masyarakat seperti rumah, tempat kerja, sekolah, dan fasilitas penitipan anak. Berikut 5 tahap yang bisa Anda coba :

  1. Basahi tangan Anda dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin), matikan keran dan gunakan sabun.
  2. Gosok tangan dengan sabun hingga berbusa. Busakan punggung tangan Anda, di antara jari-jari Anda dan di bawah kuku Anda.
  3. Gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik.
  4. Bilas tangan secara menyeluruh dengan air bersih yang mengalir.
  5. Keringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau udara kering.

Gunakan Hand Sanitizer apabila Tidak Ada Air dan Sabun

Mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman di sebagian besar situasi. Jika sabun dan air tidak tersedia, Anda dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

Nah, sekarang tahu kan pentingnya mencuci tangan, apabila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, maka bisa langsung konsultasikan ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Seberapa Pentingkah Mencuci Tangan

BetterHealth. Diakses pada 2022. Handwashing – Why it’s important
KidsHealth. Diakses pada 2022. Hand Washing: Why It’s So Important
CDC. Diakses pada 2022. When and How to Wash Your Hands
Clean Link. Diakses pada 2022. 5 Health Risks Of Bad Handwashing
Darya-Varia. Diakses pada 2022. The Importance of Washing Hands With Soap In Pandemic Times

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn