Sering Berbagi Alat Makan? Hati-Hati Penyakit Bisa Menular

Sering Berbagi Alat Makan Hati-Hati Penyakit Bisa Menular

ReliDoc – Jakarta. Sering makan bersama teman atau keluarga, tetapi ada yang sakit dan pada saat itu kamu berbagi alat makan dengan mereka? Hati-hati penyakit juga dapat menular loh. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Sering Berbagi Alat Makan? Hati-Hati Tertular Penyakit

Tentu saja makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Namun, tak jarang dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali berbagi alat makan dengan orang lain, entah itu di rumah, kantor, atau tempat umum lainnya. Meski terlihat sepele, namun berbagi peralatan makan bisa membawa risiko tersendiri bagi kesehatan.

Bahkan, seiring dengan semakin berkembangnya pengetahuan mengenai kesehatan, kita semakin menyadari bahwa berbagai penyakit bisa menyebar melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui berbagi alat makan. Setidaknya, penyebaran penyakit ini terjadi melalui kontak langsung dengan bakteri atau virus yang menempel pada alat makan, atau melalui percikan air liur yang terdapat pada makanan atau minuman yang kita berikan ke orang lain.

Penyakit-Penyakit yang Bisa Menular melalui Berbagi Alat Makan

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menular melalui berbagi alat makan:

Selain itu, penyakit lain seperti tuberkulosis juga bisa menyebar melalui peralatan makan yang tidak higienis.

Ringkasnya, berbagi alat makan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti infeksi jamur pada mulut, infeksi gigi, dan masalah pencernaan. Terlebih lagi, bila seseorang memiliki penyakit tertentu seperti hepatitis, berbagi alat makan bisa memperburuk kondisi tersebut.

Pencegahan Penyebaran Penyakit

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk tidak sembarangan dalam berbagi peralatan makan. Berikut ini, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran penyakit melalui peralatan makan, di antaranya:

1. Gunakan Alat Makan yang Bersih dan Kering

Oleh karena itu, pastikan alat makan yang akan digunakan sudah dicuci dengan bersih dan kering. Bila perlu, gunakan sabun dan air panas untuk membersihkannya agar bakteri dan virus mati. Hindari menggunakan peralatan makan yang terlihat kotor atau basah.

2. Jangan Berbagi Alat Makan

Pendek kata, lebih baik membawa alat makan sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain. Jika memang harus berbagi, pastikan alat makan tersebut sudah dicuci bersih terlebih dahulu.

3. Gunakan Tisu untuk Membersihkan Alat Makan

Bila tidak memiliki peralatan makan sendiri dan harus berbagi dengan orang lain, gunakan tisu atau tissue untuk membersihkan peralatan makan tersebut. Pastikan tisu atau tissue tersebut sudah bersih dan kering.

4. Cuci Tangan sebelum dan setelah Makan

Sebaiknya, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah makan. Karena hal ini akan membantu menghindari penyebaran penyakit melalui peralatan makan.

5. Jangan Konsumsi Makanan atau Minuman yang Sudah Dikonsumsi oleh Orang Lain

Sepertinya, makanan atau minuman yang sudah dimakan atau diminum oleh orang lain bisa membawa bakteri atau virus yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi oleh orang lain.

Yuk, jaga alat makan kamu, dan meminimalisir penyebaran penyakit ke kamu dengan tidak menggunakan atau berbagi alat makan dari orang lain. Apabila kamu sudah mulai sakit, segera konsultasikan ke dokter kamu ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Sering Berbagi Alat Makan? Hati-Hati Penyakit Bisa Menular

Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Flu (Influenza).
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Does Saliva Have Health Risks? 3 Ways Germs Can Spread.
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Diseases & Conditions. Coronavirus disease 2019 (COVID-19).
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Hand-Foot-and-Mouth Disease.
Healthline. Akses pada 2023. Pharyngitis.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn