Berbahaya! Buang Angin Jangan Ditahan!

Berbahaya Buang Angin Jangan Ditahan

ReliDoc – Jakarta. Merasa perut ingin buang angin tapi karena ada banyak temen kamu, kamu malah nahan? Hati-hati, walaupun kentut itu memalukan, tapi buang angin jangan ditahan loh. Loh kok gitu? Nah penasaran kan pastinya? Yuk simak di bawah ini.

Buang Angin Jangan Ditahan? Benarkah?

Menahan buang angin atau kentut, dapat dikenal sebagai perut kembung, bisa jadi tidak nyaman dan bahkan mungkin tidak sehat. Faktanya, kentut adalah fungsi tubuh normal dan sehat yang membantu mengeluarkan gas dari sistem pencernaan, ketika gas menumpuk di usus, itu bisa menyebabkan kembung, sakit perut, dan ketidaknyamanan.

Jika kamu mencoba menahan kentut, ini mungkin dapat mencegah keluarnya gas untuk sementara, tetapi gas masih ada di usus kamu loh. Hal ini dapat menyebabkan gas terperangkap dan menekan dinding usus, yang menyebabkan peningkatan kembung dan ketidaknyamanan.

Beberapa Masalah Menahan Buang Angin

Dalam beberapa kasus, menahan kentut bahkan bisa berbahaya. Beberapa masalah dapat timbul menahan membuang angin dalam perut.

Berikut dampak negatif menahan kentut antara lain:

  • Peningkatan kembung dan sakit perut: Ketika gas menumpuk di usus dan tidak dapat kita keluarkan, hal ini dapat menyebabkan usus menjadi kembung dan tidak nyaman.
  • Adanya Peningkatan tekanan pada dinding usus: Menahan kentut dapat menyebabkan gas terperangkap, memberi tekanan pada dinding usus dan berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan.
  • Peningkatan risiko konstipasi: Dalam beberapa kasus, menahan kentut dapat menyebabkan kondisi yang kita sebut konstipasi, yang mana massa feses yang keras dan kering tersangkut di rektum dan tidak dapat keluar. Ini bisa sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera mendapatkan penanganan.
  • Rasa malu sosial: Kentut adalah fungsi tubuh yang normal dan sehat, tetapi bisa memalukan dalam situasi sosial tertentu. Menahan kentut bisa membuat situasi semakin tidak nyaman.
  • Ketidaknyamanan fisik: Mencoba menahan kentut bisa jadi tidak nyaman, dan dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan tertekan. Biasanya lebih nyaman dan sehat membiarkan kentut lewat secara alami.

Cara Mempermudah Buang Angin

Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mempermudah kentut:

1. Minum Banyak Air

Ringkasnya, minum air dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak dan mencegah sembelit yang dapat membuat kamu sulit untuk kentut.

2. Makan Makanan yang Tinggi Serat

Memang, makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu merangsang sistem pencernaan dan membuat kentut menjadi lebih mudah.

3. Hindari Makanan yang Diketahui Menyebabkan Gas

Beberapa makanan, seperti kacang-kacangan, brokoli, dan kol, dapat menyebabkan gas dan kembung sehingga lebih sulit kentut. Menghindari makanan ini dapat membantu mengurangi penumpukan gas di usus.

4. Berolahraga secara Teratur

Aktivitas fisik atau olahraga secara teratur, seperti berjalan, berlari, atau bersepeda, dapat membantu merangsang sistem pencernaan dan mempermudah kentut.

Baca juga Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental.

5. Santai

Tentu saja, stres dan kecemasan dapat menyebabkan sembelit dan membuat kamu lebih sulit kentut. Jadi, dengan mengambil langkah-langkah untuk rileks dan mengurangi stres, seperti berlatih pernapasan dalam atau meditasi, dapat membantu mempermudah kentut.

Secara umum, yang terbaik adalah membiarkan kentut keluar secara alami, daripada mencoba menahannya. Ini akan membantu mengurangi kembung dan rasa tidak nyaman, serta dapat mencegah penumpukan gas di usus. Jika kamu berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk kentut, seperti di rapat atau di kelas, cobalah mencari cara yang bijaksana untuk mengeluarkan gas tanpa menimbulkan kebisingan atau menimbulkan gangguan.

Apabila kamu menahan kentut lalu terjadi komplikasi penyakit, bisa langsung hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Berbahaya! Buang Angin Jangan Ditahan!

Healthline. Akses pada 2023. Should You Hold in Your Farts?
Healthy. Akses pada 2023. Why Holding in a Fart Can Be Harmful—Plus, 9 Ways to Fart Less.
Verywell Health. Akses pada 2023. Is Holding in a Fart Bad for You?

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn