Berikut Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Makan!

Berikut Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Makan

ReliDoc – Jakarta. Tahukah kamu bahwa kebiasaan sebelum makan memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh kita? Seperangkat kebiasaan sebelum makan yang baik dapat mengganggu kemampuan kita untuk memetabolisme atau mencerna makanan. Yuk simak yang perlu dilakukan sebelum makan di bawah ini.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Makan

Beberapa kebiasaan sebelum makan berikut ini mungkin dianggap sepele atau tidak penting oleh sebagian orang. Melakukannya secara teratur membantu tubuh Anda menyerap nutrisi secara maksimal dan membakar energi lebih lama.

Berikut merupakan hal-hal yang perlu kamu lakukan :

1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan sebelum dan sesudah makan. Cuci tangan Anda sebelum makan untuk mencegah kuman di tangan Anda masuk ke tubuh Anda.

Saat mencuci tangan setelah makan, ada baiknya untuk memastikan tidak ada sisa makanan di tangan sebelum memulai aktivitas lainnya.

2. Minum Air Hangat

Minum segelas air hangat sebelum makan dapat membantu “membangunkan” sistem pencernaan Anda.

Ini juga memastikan bahwa enzim pencernaan bekerja dengan baik. Selain itu, minum air selama dan setelah makan mengencerkan enzim dan membuat tubuh lebih sulit menyerap semua nutrisi dari makanan.

3. Makan Sesuai dengan Porsi dan Kebutuhanmu

Sebelum Anda mulai makan, ada aturan tentang berapa banyak yang harus dimakan. Yaitu tidak makan secara berlebihan. Makan makanan berkalori tinggi untuk sarapan dan makan siang, dan makanan ringan untuk makan malam.

Metabolisme Anda melambat sepanjang hari, membuatnya lebih sulit untuk mencerna dan memetabolisme makan malam yang berat dengan benar. Karbohidrat dan gula berlebih dari makanan penutup dan lauk pauk bertepung besar seperti pasta, nasi, dan kentang putih tidak mendapat kesempatan untuk dibakar untuk energi dan diubah menjadi lemak di malam hari.

Carilah salad hijau untuk makan malam. Sejumlah kecil karbohidrat kompleks, seperti beras merah, labu musim dingin, ubi jalar, dan pasta gandum utuh; 3 hingga 4 ons protein tanpa lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, dan tahu.

4. Berolahraga Ringan

Salah satu kebiasaan baik sebelum makan adalah olahraga. Waktu terbaik adalah di pagi hari sebelum sarapan. Olahraga dianggap membantu membakar makanan secara efisien.

Selain itu, aktivitas ini dapat meningkatkan mood Anda, meningkatkan metabolisme, dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori secara alami sepanjang hari. Dengan cara ini tubuh Anda bisa mendapatkan lebih banyak energi dan tidak rusak selama aktivitas sehari-hari Anda.

5. Minum Kafein dalam Takaran Minimal

Jika Anda sering minum kopi setelah makan, cobalah mengubah kebiasaan itu sebelum makan. Jika kopinya terlalu kuat, Anda bisa mengubahnya menjadi teh hijau.

Selain kafein, teh hijau juga mengandung antioksidan yang mendukung metabolisme dan mengurangi peradangan.

6. Gunakan Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya menambah rasa, tetapi juga menyehatkan tubuh. Menambahkan saus cabai atau cabai rawit adalah kebiasaan makan yang sehat. Contohnya, capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan metabolisme Anda.

Tambahkan juga kunyit dan jahe. Di sisi lain, menambahkan bawang merah dan bawang putih diduga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

7. Ambil Napas Dalam-Dalam

Kebiasaan sebelum makan lainnya yang dapat Anda coba adalah menarik napas dalam-dalam dan memperhatikan piring Anda. Kebiasaan ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Ini juga memberitahu Anda jika Anda memiliki terlalu banyak makanan di piring Anda.

Selain itu, istirahat pendek bisa menjadi diet yang bermanfaat. Letakkan sendok dan garpu Anda sesekali, tarik napas dalam-dalam. Kebiasaan ini juga membantu mencegah makan berlebihan.

Ini adalah kebiasaan sebelum makan yang baik yang menawarkan banyak manfaat. Mulailah kebiasaan satu per satu dan lakukan secara teratur untuk menuai manfaatnya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Berikut Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Makan!

Ekachai Hospital. Diakses pada 2022. 10 Healthy Things to Remember Before and After You Eat Dinner.
Health Hub. Diakses pada 2022. 5 Good Eating Habits to Achieve Your Health Goals.
NHS. Diakses pada 2022. 8 tips for healthy eating.

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn