Cara Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cara Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

ReliDoc – Jakarta. Kamu pasti sering disuruh sama dokter buat jaga tubuh kamu kan? Nah, hal penting yang dapat kamu lakukan adalah dengan beberapa cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Yuk simak di bawah ini!

Sistem Kekebalan Tubuh? Penting Gak Sih?

Umumnya, sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah suatu sistem kompleks yang terdiri atas sel, jaringan, dan organ yang bekerja sama untuk mempertahankan tubuh melawan patogen (kuman) atau mikroorganisme, seperti bakteri, virus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Sementara, zat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi disebut antigen. Tugas sistem kekebalan tubuh adalah untuk mengidentifikasi dan menghancurkan patogen atau mikroorganisme sebelum dapat menyebabkan penyakit atau infeksi.

Setidaknya sistem kekebalan terdiri dari beberapa jenis sel darah putih, masing-masing mempunyai fungsi spesifiknya sendiri. Sebagai contoh, beberapa sel darah putih, yang disebut sel-T, bertanggung jawab untuk membunuh sel yang terinfeksi, sementara, yang disebut sel-B, menghasilkan antibodi yang membantu menetralkan ‘penyerbu’ atau mikroorganisme asing.

Sistem kekebalan juga termasuk organ khusus, seperti timus dan limpa, yang membantu memproduksi dan mengoordinasikan tindakan berbagai sel kekebalan. Secara keseluruhan, sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Cara Sederhana Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena pandemi Covid-19 terus memengaruhi orang-orang di seluruh dunia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih penting dari sebelumnya. Sistem imun yang kuat dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, dan ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya:

1. Makan Makanan yang Sehat

Memang, diet seimbang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pastikan untuk memasukkan berbagai buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dalam makanan kamu. Makanan sehat ini kaya akan vitamin dan mineral penting yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh kamu.

2. Berolahraga secara Teratur

Begitu pula, olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dengan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh yang sehat. Bertujuan untuk setidaknya 30 menit aktivitas fisik sedang hingga intens per hari.

3. Tidur yang Cukup

Di samping itu, tidur sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pastikan untuk mendapatkan setidaknya 7-9 jam tidur berkualitas setiap malam.

4. Kelola Stres

Tentunya stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan kamu. Jadi penting untuk menemukan cara yang sehat untuk mengelola stres. Ini bisa termasuk mempraktikkan teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga, atau melakukan aktivitas yang kamu sukai.

5. Tetap Terhidrasi

Selanjutnya, minum banyak cairan dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh kamu. Targetkan setidaknya 8-10 gelas air minum per hari.

6. Hindari Alkohol dan Tembakau

Terakhir, konsumsi alkohol dan tembakau yang berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu. Sebaiknya hindari zat-zat tersebut atau batasi asupan kamu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Beberapa Makanan yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berikut beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kamu, yaitu:

  • Buah sitrus: Beberapa jenis buah sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon, kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Sayuran berdaun hijau: Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, dikemas dengan nutrisi, termasuk vitamin A dan C, yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.
  • Brokoli: Sayuran lain yang tinggi vitamin A dan C, serta nutrisi penambah kekebalan lainnya adalah brokoli.
  • Bawang putih: Kandungan dari bawang putih adalah senyawa yang disebut allicin, yang telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu melawan infeksi.
  • Jahe: Seperti bawang putih, jahe telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, menjadikannya penguat kekebalan yang potensial.
  • Kunyit: Bumbu kunyit telah lama digunakan dalam kesehatan, karena sifat anti-inflamasinya, dan juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.
  • Almond: Kacang almond adalah sumber vitamin E yang baik, juga merupakan antioksidan lain yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Biji bunga matahari: Sumber vitamin E lainnya adalah biji bunga matahari, yang juga mengandung seng yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.
  • Teh hijau: Terakhir, teh hijau dikemas dengan antioksidan, termasuk jenis yang disebut katekin, yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Ringkasnya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu penting untuk menjaga kesehatan yang baik. Dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, cukup tidur, mengelola stres, tetap terhidrasi, dan menghindari alkohol dan tembakau, kamu dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh kamu melawan infeksi dan penyakit. Tapi, kalau sudah sakit, ya kamu perlu rehat. Segera konsultasikan ke dokter kamu, jangan tunda, biar kamu cepat sembuh dan bisa memulai aktifitas kamu kembali.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Everyday Health. Akses pada 2023. 10 Simple and Natural Ways to Boost Your Immune System.
Healthline. Akses pada 2023. 15 Foods That Boost Immune System.
National Sleep Foundation. Akses pada 2023. How Sleep Affects Your Immunity.
Stanford Children’s Health. Akses pada 2023. The Immune System.
Verywell Health. Akses pada 2023. 5 Type of Foods to Boost Your Immune System.
Verywell Health. Akses pada 2023. 5 Ways to Boost Your Immune System Naturally.
WebMD. Akses pada 2023. 6 Immune System Busters & Boosters.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn