Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini dia Metode yang Bisa Kamu Terapkan!

Ingin Menurunkan Berat Badan Ini dia Metode yang Bisa Kamu Terapkan

ReliDoc – Jakarta. Ingin menurunkan berat badan tapi bingung gimana caranya? Coba gunakan beberapa metode di bawah ini ya untuk mengatur asupan makanan kamu. Simak selengkapnya metode menurunkan berat badan yang bisa kamu terapkan di bawah ini.

Menurunkan Berat Badan? Buat Apa Sih Sebenarnya?

Ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Berikut beberapa alasan paling umum meliputi:

1. Peningkatan Kesehatan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko beberapa kondisi kesehatan kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker tertentu. Hal terutama, menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi risiko ini dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Peningkatan Energi

Membawa beban ekstra dapat membuat kamu lebih sulit melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menaiki tangga atau membawa barang belanjaan. Ringkasnya, menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan mempermudah melakukan tugas-tugas ini.

3. Rasa Percaya yang Tumbuh

Penurunan berat badan juga dapat berdampak positif pada harga diri dan rasa percaya diri. Banyak orang yang berat badannya ideal melaporkan merasa lebih percaya diri dan nyaman dengan diri mereka sendiri.

4. Mobilitas yang Meningkat

Berat badan yang ideal juga dapat membantu meningkatkan mobilitas, membuatnya lebih mudah untuk bergerak dan berpartisipasi dalam aktivitas fisik.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Kelebihan berat badan atau obesitas dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk dan gangguan tidur, seperti sleep apnea. Menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi risiko gangguan tidur.

Penting untuk dicatat bahwa, penurunan berat badan harus dilakukan dengan cara yang sehat, dengan diet seimbang dan olahraga teratur, serta berkonsultasi dengan dokter, dan tidak bergantung pada diet yang iseng-iseng atau metode ekstrem, karena bisa berbahaya dan tidak berkelanjutan dalam jangka panjang.

Beberapa Metode untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi membuat perubahan kecil pada rutinitas harian bisa membuat perbedaan besar. Salah satu perubahan itu bisa menyesuaikan jam makan kamu. Berikut adalah beberapa opsi jam makan untuk dipertimbangkan saat mencoba mendapatkan berat badan yang ideal:

1. Puasa Intermittent

Puasa intermittent adalah metode penurunan berat badan yang populer yang melibatkan periode makan bergantian dengan periode puasa. Salah satu bentuk puasa intermittent yang populer adalah metode 16/8, yang melibatkan puasa selama 16 jam dan makan selama jendela 8 jam. Ini dapat dilakukan dengan melewatkan sarapan dan makan makanan pertama kamu di siang hari, atau dengan sarapan kecil dan makan siang dan makan malam yang lebih besar.

2. Early Bird

Makan makanan terbesar kamu di awal hari dan makan lebih sedikit seiring berjalannya hari dapat membantu mendapatkan berat badan yang ideal. Ini karena tubuh kamu lebih aktif di siang hari, memungkinkannya membakar kalori dari makanan dengan lebih mudah.

3. Makan di Larut Malam

Makan makanan di malam hari itu setidaknya 2-3 jam sebelum tidur dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Ini karena tubuh dalam keadaan istirahat dan pencernaan saat kamu tertidur, yang artinya akan membakar lebih sedikit kalori.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun menyesuaikan jam makan kamu dapat membantu mendapatkan berat badan yang ideal, itu bukan satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan. Makan makanan yang seimbang dan berolahraga secara teratur juga penting untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Selain itu, penting untuk mendengarkan tubuh kamu dan makan saat lapar, kapan pun waktunya. Perhatikan tingkat rasa lapar dan kenyang kamu dan cobalah makan perlahan, nikmati setiap suapan dan berhenti makan saat kamu sudah kenyang.

Pada akhirnya, penting untuk menemukan jadwal makan yang sesuai untuk kamu dan sesuai dengan gaya hidup. Bereksperimen lah dengan jam makan yang berbeda dan lihat apa yang paling cocok untuk kamu. Dengan kombinasi diet dan olahraga yang tepat, tentu kamu dapat mencapai tujuan penurunan berat badan.

Jangan sampai kamu sakit karena turunnya berat badan kamu ya, penting untuk menjaga kesehatan kamu juga loh.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini dia Metode yang Bisa Kamu Terapkan!

Mayo Clinic. Akses pada 2024. Intermittent fasting: Fad or valid weight-loss solution?
Healthline. Akses pada 2024. Pros and Cons of 5 Intermittent Fasting Methods
Fitday. Akses pada 2024. Early Birds May Be Healthier Than Night Owls / Nutrition

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn