Ini dia Bahaya Nitrogen Cair di Ciki Ngebul (Cikbul)

Ini dia Bahaya Nitrogen Cair di Ciki Ngebul (Cikbul)

ReliDoc – Jakarta. Anak kamu lagi suka makan Ciki Ngebul (Cikbul) yang lagi ngetren? Hati-hati sama nitrogen cair di dalamnya, bahkan Kemkes menghimbau untuk tidak memakan Cikbul karena berbahaya bagi kesehatan loh. Yuk simak selengkapnya bahaya nitrogen cair di Ciki Ngebul (Cikbul) di bawah ini! 

Ciki Ngebul (Cikbul) dan Bahaya Nitrogen Cair!

Ciki Ngebul adalah jajanan yang akhir-akhir ini mulai disukai kembali oleh anak-anak. Tidak hanya tersedia dalam berbagai warna, makanan ringan ini terbuat dari campuran nitrogen cair. Saat dikonsumsi uap ini tidak hanya memberikan sensasi sejuk, tapi juga sensasi berasap di mulut. Tapi, hal ini berbahaya, karena dapat membuat kamu atau anak kamu keracunan loh. 

Keracunan ini timbul karena konsumsi nitrogen cair yang digunakan untuk menciptakan efek “ngebul”.

Senyawa ini diharapkan cepat menguap sebelum makanan dimakan. Namun, jika ternyata cairan tersebut tertinggal atau tidak menguap dengan baik, hal ini tentunya berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa Dampak Nitrogen Cair Kepada Kesehatan

Nitrogen cair tidak bisa sembarangan penggunaannya dalam makanan dan minuman. Jika tidak digunakan dengan benar, nitrogen cair dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini adalah dampak kesehatan dari makanan yang mengandung nitrogen cair, khususnya bagi kesehatan anak, yaitu:

1. Menyebabkan Kerusakan Organ

Meski tidak beracun, jika nitrogen cair tidak kita konsumsi dalam jumlah yang tepat, maka berisiko menyebabkan kerusakan organ dalam akibat suhu yang sangat rendah.

2. Penyakit Pernapasan

Menghirup uap yang dari makanan atau minuman yang mengandung nitrogen cair secara tidak sengaja juga dapat menyebabkan masalah pernapasan. Terutama seseorang yang menderita asma.

3. Iritasi Kulit

Uap nitrogen cair dapat dengan cepat membekukan jaringan kulit dan menimbulkan gejala iritasi. Bahkan jika paparan cairan ini berlangsung cukup lama untuk membuat kontak kulit, luka bakar dingin dan radang dingin dapat terjadi.

4. Kerusakan Mata

Jika nitrogen cair mengenai mata Anda, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. Meski hanya terungkap dalam waktu singkat.

Pertolongan Pertama pada Anak yang Keracunan Cikbul

Berikut adalah beberapa tindakan pertolongan pertama yang dapat dilakukan:

1. Rendam dalam Air Hangat

Cara pertama untuk melakukannya adalah dengan merendam kulit dalam air hangat. Ini bisa terjadi ketika nitrogen cair di dalam tangki mendidih di kulit Anda. Penting untuk melakukan ini agar kulit Anda tidak terbakar atau melepuh karena nitrogen cair terlalu dingin. Pastikan juga anak segera berhenti makan ciki ngebul setelahnya.

2. Berikan Air Minum

Pertolongan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan air minum pada anak yang mengalami keracunan nitrogen. Namun, penting agar orang tua tidak memberikan susu. Hal ini karena susu dapat menyebabkan tekanan pada perut.

3. Langsung ke Rumah Sakit

Penting untuk tidak memaksa anak yang keracunan nitrogen untuk memuntahkan makanan. Karena hal ini dapat membahayakan kondisi sang anak. Sebaiknya tunggu pertolongan darurat atau segera bawa anak ke IGD rumah sakit terdekat.

Itu dia masalah-masalah yang terjadi dari memakan Cikbul, kita perlu menjaga makanan apa saja yang boleh untuk dimakan oleh anak. Sebagai orang tua, kamu harus memonitor anak kamu ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ini dia Bahaya Nitrogen Cair di Ciki Ngebul (Cikbul)

CNN Indonesia. Akses pada 2023. INFOGRAFIS: Pertolongan Pertama Kalau Anak Keracunan Ciki Ngebul.
CNN Indonesia. Akses pada 2023. Jangan Pernah Lakukan Ini Kalau Anak Keracunan Ciki Ngebul.
Kementrian Kesehatan. Akses pada 2023. Hati-Hati Nitrogren Cair Pada Ciki Ngebul, Ini Bahayanya
NIH. Akses pada 2023. Inhalation of liquid nitrogen vapor.
Web MD. Diakses pada 2023. Food Poisoning in Children: What to Know.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn