Kenali Wabah Flu Tomat yang Menyebar di India

Kenali Wabah Flu Tomat yang Menyebar di India

ReliDoc – Jakarta. Penyakit terus menyebar dan berkembang, salah satu penyakit yang muncul saat ini di India merupakan wabah flu tomat. Tentunya, kamu perlu mengetahui agar tahu cara pencegahan dan pengobatan yang tepat. Yuk kenali wabah Flu Tomat yang menyebar di India dengan simak di bawah ini.

Fakta Penyebaran Seputar Wabah Flu Tomat

Faktanya, penyakit ini pertama kali ditemukan di kota Kollam, Kerala, negara bagian di India barat daya, pada 6 Mei 2022 lalu hingga 26 Juli 2022, telah ada 82 anak yang berusia di bawah 5 tahun didiagnosa mengidap penyakit ini.

Lebih dari pada itu, flu tomat bisa berkembang dari penyakit chikungunya atau demam berdarah yang telah dialami anak sebelumnya. Gejalanya mirip dengan COVID-19, termasuk demam, kelelahan, dan nyeri tubuh.

Bahkan, virus ini juga bisa menjadi varian baru dari virus tangan, kaki, dan penyakit mulut (Hand, Foot, Mouth Disease (FMHD)), penyakit menular umum yang menargetkan sebagian besar anak-anak berusia 1 hingga 5 tahun dan orang dewasa dengan gangguan kekebalan.

Gejala Flu Tomat

Seperti banyak infeksi virus lainnya, termasuk influenza. Berikut gejala yang mungkin pada anak-anak yang terinfeksi flu tomat alami :

  1. Kelelahan
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Diare
  5. Demam
  6. Dehidrasi
  7. Pembengkakan sendi
  8. Nyeri di tubuh

Demikian pula, banyak gejala flu tomat, seperti demam tinggi, ruam kulit, dan nyeri sendi yang parah, mirip dengan chikungunya, infeksi virus lain yang dibawa oleh nyamuk.

Bagaimana Penyebaran Flu Tomat?

Dilansir dari the Lancet, Virus dapat menyebar melalui kontak dengan popok kotor atau permukaan yang tidak bersih juga, atau ketika anak-anak memasukkan barang-barang yang terkena virus ke dalam mulut mereka.

Pencegahan dan Pengobatan Flu Tomat

Oleh karena penyakit flu tomat hampir sama dengan demam chikungunya, sehingga pengobatannya hampir sama. Selain menggunakan obat-obatan yang dapat digunakan untuk meredakan gejala, penderita flu tomat juga memerlukan pengobatan untuk memperbaiki gejalanya. Tindakan pencegahan lain untuk mencegah penyebaran virus termasuk :

  1. Rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah dari kamar mandi
  2. Tidak berbagi pakaian, makanan, atau mainan dengan orang yang terinfeksi.
  3. Istirahat di rumah.
  4. Minum banyak cairan.
  5. Hindari kontak dengan orang lain.
  6. Makan Teratur
  7. Berolahraga
  8. Asupan Vitamin C (Sayuran atau Buah maupun Vitamin)
  9. Penggunaan Masker

Meskipun sebagian besar Flu Tomat terlihat pada anak-anak. Tetapi, bukan berarti penyakit ini tidak menyerang orang dewasa. Jadi, jagalah kesehatan Anda agar sistem kekebalan tubuh bekerja optimal.

Bagi kamu yang terkena gejala di atas, harap hubungi dan konsultasikan penyakit ke Dokter kamu agar mendapatkan penanganan kesehatan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Wabah Flu Tomat yang Menyebar di India

EverydayHealth. Akses pada 2022. Tomato Flu: What Is It and What Do You Need to Know?
Doctor NDTV. Akses pada 2022. Tomato Flu: Symptoms, Causes And Everything We Know So Far.
The Lancet. Akses pada 2022. Tomato Flu Outbreak in India.

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn