Pentingnya Masker untuk Kesehatan

pentingnya masker untuk kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Kamu sering berkendara? Berkerumun dengan orang banyak? Jumpa dengan orang yang sakit? Salah satu alat yang penting saat bepergian merupakan masker loh Reli Friends. Bahkan sebelum adanya pandemi, penggunaan masker sebenarnya penting, Ingin tahu seberapa pentingnya masker untuk kesehatan? Yuk simak artikel ini.

Masker Untuk Kesehatan? Seberapa Penting?

Pada umumnya, masker membantu mengendalikan infeksi dan mengurangi penularan influenza atau virus flu. Dengan nyata, masker menambahkan lapisan perlindungan lain yang dengan jelas dikonfirmasi oleh penelitian tentang infeksi flu. Pendek kata, mengenakan masker dapat membantu melindungi Anda dari virus.

Kapan penggunaan Masker Efektif?

Masker sangat efektif di berbagai hal, di antaranya saat:

1. Berada di Dekat Seseorang yang Batuk atau Bersin

Sebagai contoh, Covid-19, flu, dan pilek, semuanya adalah virus dan menyebar melalui udara atau melalui kontak. Pada kenyataannya, masker mencegah infeksi droplet pernapasan dengan mencegah droplet besar keluar dari mulut/hidung pengguna atau masuk ke mulut/hidung orang lain. Selanjutnya, partikel kecil dilepaskan ke udara saat Anda batuk, bersin, atau menarik napas berat, lalu partikel-partikel ini dapat menampung bakteri dan memfasilitasi penyebaran virus, sehingga bernapas di dekat orang lain yang sakit dapat membuat Anda sakit karena Anda berbagi udara. Sementara itu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan masker mulut dapat mencegah infeksi dan penularan berbagai penyakit ISPA seperti influenza, Covid-19, dan SARS.

2. Melindungi Wajah dari Efek Buruk Sinar Matahari dan Polusi

Sesungguhnya, alasan penting untuk memakai masker mulut adalah untuk melindungi sebagian kulit di wajah Anda dari efek berbahaya dari polusi udara dan paparan sinar matahari. Faktanya, paparan sinar matahari dan polusi udara yang terlalu lama dianggap menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko eksim, jerawat, bintik-bintik penuaan dan kanker kulit.

Selain masker, Anda dapat mengenakan kacamata hitam dan topi, untuk melindungi diri dari bahaya paparan sinar matahari, dan memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit, karena dapat mencegah bakteri menyebar melalui cairan.

3. Kontak Fisik ke Wajah

Sekalipun, masker memiliki cara lain untuk mencegah Anda tertular penyakit. Masker juga mencegah infeksi kontak. Seperti menyentuh wajah Anda sendiri dengan jari yang terkontaminasi, hal ini meminimalkan kontak dengan sumber infeksi.

4. Menjagamu di Luar Rumah

Asap dari mobil, pabrik, rokok dan debu adalah beberapa jenis polusi udara yang kita lihat setiap hari. Paparan polusi ini dapat mengganggu fungsi paru-paru dan meningkatkan risiko penyakit pernapasan seperti asma, PPOK, dan penyakit jantung.

Bagi orang yang tinggal di daerah yang sangat tercemar, inilah alasan utama untuk memakai masker mulut saat keluar rumah.

Jenis-Jenis Masker

1. Masker Medis

Dengan masker bedah atau medis sederhana yang dikenakan oleh petugas kesehatan efektif, seperti masker N95. Menggunakan masker N95, sekitar 5% dari tetesan 0,3 mikron dapat masuk ke mulut/hidung.

2. Masker Kain

Betapapun juga, penggunaan masker kain memiliki kekuatan yang berbeda dan menawarkan tingkat perlindungan yang berbeda terhadap penyakit pernapasan. Meskipun, masker kain biasa memberikan perlindungan terhadap tetesan aerosol yang dapat menularkan virus. Namun, sebaiknya gunakan dua lapis kain untuk melindungi diri Anda dan orang lain.

3. Masker dengan Ventilasi Udara

Pada awalnya, masker dengan ventilasi udara melindungi Anda, tetapi mereka dapat mengirimkan tetesan droplet ke orang lain dan tidak disetujui atau direkomendasikan di area dengan kontak tinggi.

Sebagai hasilnya, sekarang kamu tahu kan tentang kegunaan masker yang sangat menguntungkan banget bagi kesehatan kamu. Sehingga, kalian bisa terapkan penggunaan masker di keseharian kalian untuk mencegah penyebaran penyakit.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Pentingnya Masker untuk Kesehatan

HealthLine. Diakses pada 2022. Does Wearing a Mask Protect You from the Flu and Other Viruses?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Flu mask: Should I wear one?
SingleCare. Diakses pada 2022. Do masks prevent cold and flu viruses?

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn