Waspada Stroke! Ketahui Gejala dan Penyebabnya

Waspada Stroke! Ketahui Gejala dan Penyebabnya

ReliDoc – Jakarta. Penting untuk kita mengetahui apa saja gejala dari stroke, karena penyakit ini sangat berbahaya dan harus segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Yuk, waspada stroke! Ketahui gejala dan penyebabnya di sini!

Apa itu Stroke?

Umumnya, stroke adalah termasuk dalam keadaan darurat medis, karena stroke terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terganggu. Baik itu karena adanya sumbatan pada pembuluh darah atau  pun karena pecahnya pembuluh darah di otak. Bahkan, kondisi ini dapat menyebabkan kematian saraf, kerusakan permanen pada otak dan dapat mengakibatkan gangguan fungsi tubuh dan mental. Ringkasnya, stroke juga terdiri dari dua jenis, yaitu:

1. Stroke Iskemik

Jenis stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah yang menuju otak tersumbat oleh gumpalan darah atau plak lemak. Hal ini menghentikan aliran darah dan oksigen ke otak.

2. Stroke Hemoragik

Stroke jenis ini terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah, sehingga darah bocor ke dalam jaringan otak. Hal ini menyebabkan tekanan pada otak dan dapat merusak jaringan otak.

Penyebab Stroke

Pastinya, penyebab stroke sendiri, karena adanya kerusakan pada bagian otak seperti pada penjelasan sebelumnya dalam 2 jenis stroke. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan stroke:

Gejala Stroke

Selanjutnya, gejala stroke dapat bervariasi tergantung bagian otak yang terkena dan sejauh mana kerusakannya. Berikut gejala umum yang dapat penderita stroke alami adalah:

  • Kesulitan berbicara.
  • Kelumpuhan atau kelemahan pada wajah, lengan, atau kaki.
  • Gangguan penglihatan.
  • Gangguan dalam menelan.
  • Sakit kepala parah yang tidak biasa.
  • Kesulitan dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari, seperti menggenggam benda atau mengkoordinasikan gerakan.
  • Penurunan kesadaran hingga koma dapat terjadi jika kondisi berat.

Pengobatan

Hal yang terpenting, pengobatan stroke tidak boleh ditunda-tunda, harus segera melakukan pengobatan setelah  penderita merasakan gejalanya. Berikut beberapa cara pengobatan yang umum dilakukan, seperti:

  1. Terapi Trombolitik
    Penggunaan obat-obatan untuk melarutkan gumpalan darah dan mengembalikan aliran darah ke otak.
  2. Pengobatan Antikoagulan
    Digunakan untuk mencegah pembekuan darah baru atau perkembangan gumpalan yang ada.
  3. Pembedahan
    Faktanya, dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat gumpalan darah atau memperbaiki pembuluh darah yang pecah.

Pencegahan

Lebih dari pada itu, pencegahan stroke berguna untuk mengurangi risiko terjadinya kondisi yang semakin parah. Berikut ini langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan:

  1. Mengendalikan tekanan darah dengan mempertahankan tekanan darah yang normal.
  2. Berhenti merokok.
  3. Konsumsi makanan sehat, seperti makanan rendah lemak jenuh, kaya serat, dan kaya nutrisi.
  4. Berolahraga secara teratur.
  5. Mengontrol diabetes.
  6. Mengontrol berat badan.
  7. Mengurangi konsumsi alkohol.

Jadi, itu dia pembahasan mengenai stroke. Kesimpulannya, penting untuk mengetahui gejala dari stroke agar ketika merasakannya, dapat segera dilakukan pengobatan dan hal tersebut dapat membantu mengurangi kerusakan otak yang mungkin terjadi.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Waspada Stroke! Ketahui Gejala dan Penyebabnya

Mayo Clinic. Akses pada 2023. Stroke
NHS. Akses pada 2022. Stroke.
Ahajournals. Akses pada 2023. Stroke.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn