Hati-Hati! Mata Kering Dapat Menyebabkan Sakit Kepala

Hati-Hati! Mata Kering dapat Menyebabkan Sakit Kepala

ReliDoc – Jakarta. Mata kamu kering? Hati-hati loh kamu bisa sakit kepala karena mata kering. Loh kok bisa? Yuk simak selengkapnya mengapa mata kering dapat menyebabkan sakit kepala di bawah ini!

Mata Kering? Kenapa Bisa?

Hal yang utama, mata kering adalah kondisi umum yang terjadi ketika mata tidak menghasilkan cukup air mata, atau air mata yang dihasilkan tidak memiliki konsistensi atau kualitas yang benar. Tentu saja, air mata sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mata, karena membantu melumasi mata, membersihkan kotoran dan debu, serta melindungi mata dari infeksi. Ketika mata tidak dilumasi dengan baik, mata bisa menjadi kering, iritasi, dan tidak nyaman.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab mata kering, antara lain:

  • Penuaan: Seiring bertambahnya usia, mata kita secara alami menghasilkan lebih sedikit air mata.
  • Obat-obatan tertentu: Beberapa obat, seperti antihistamin, antidepresan, dan obat tekanan darah, dapat mengurangi produksi air mata.
  • Kondisi medis: Mata kering dapat menjadi gejala kondisi medis tertentu, seperti sindrom Sjogren, artritis reumatoid, dan lupus.
  • Faktor lingkungan: Kondisi kering, berdebu, atau berangin, serta penggunaan komputer atau perangkat elektronik lainnya dalam waktu lama, dapat menyebabkan mata kering.

Mata Kering Dapat Menyebabkan Sakit Kepala? Apa Iya?

Berikut sejumlah alasan mata kering dapat menyebabkan sakit kepala:

1. Ketegangan

Pertama, mata kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi, yang dapat menyebabkan otot di sekitar mata menjadi tegang. Ketegangan ini kemudian dapat menyebar ke otot lain di kepala dan leher, menyebabkan sakit kepala.

2. Kelelahan

Kedua, mata kering juga bisa menyebabkan kelelahan dan ketegangan mata, yang bisa berujung pada sakit kepala. Ketika mata tidak cukup dilumasi, mereka harus bekerja lebih keras untuk fokus, yang dapat menyebabkan kelelahan dan ketegangan. Kelelahan ini kemudian dapat menyebar ke otot-otot di kepala dan leher sehingga menimbulkan sakit kepala.

3. Peradangan

Ketiga, mata kering juga bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada jaringan di sekitar mata. Peradangan ini dapat menekan saraf dan pembuluh darah di kepala, menyebabkan sakit kepala.

Cara Mencegah Mata menjadi Kering

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah mata kering:

● Sering Berkedip

Ketika berkedip, kamu membantu menyebarkan air mata ke permukaan mata, yang membantu menjaganya tetap lembab dan nyaman. Jika kamu sedang bekerja di depan komputer atau perangkat elektronik lainnya, usahakan untuk sering-sering istirahat dan sering berkedip.

● Gunakan Humidifier

Udara kering dapat menyebabkan mata kering, jadi menggunakan pelembab udara di rumah atau kantor dapat membantu menjaga kelembapan udara.

Baca juga Manfaat Humidifier untuk Kesehatanmu!

● Lindungi Mata dari Angin dan Udara Kering.

Saat Anda berada di luar dalam kondisi kering atau berangin, kenakan kacamata hitam atau kacamata untuk melindungi mata Anda.

● Hindari Merokok

Merokok dapat menyebabkan mata kering, jadi penting untuk berhenti jika Anda merokok.

● Makan Makanan yang Sehat

Merokok dapat menyebabkan mata kering, jadi penting untuk berhenti jika Anda merokok.

Baca juga Kecanduan dengan Rokok? Berikut Cara Berhenti Merokok secara Alami

● Tetap Terhidrasi

Minum banyak air dapat membantu menjaga mata Anda tetap terhidrasi.

● Hindari Penggunaan Perangkat Elektronik dalam Waktu Lama.

Penggunaan komputer, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya dalam waktu lama dapat menyebabkan mata kering, jadi penting untuk sering-sering beristirahat dan mengalihkan pandangan dari layar.

Penggunaan komputer, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya dalam waktu lama dapat menyebabkan mata kering, jadi penting untuk sering-sering beristirahat dan mengalihkan pandangan dari layar.

Secara keseluruhan, mata kering dapat menyebabkan sakit kepala karena ketidaknyamanan, ketegangan, dan pembengkakan. Penting bagi kamu dengan mata kering untuk mengambil langkah-langkah untuk mengelola kondisi mata dan menjaga agar mata mereka tetap terlumasi untuk mencegah sakit kepala. Ini mungkin termasuk menggunakan air mata buatan, menghindari lingkungan kering, dan beristirahat secara teratur dari layar.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Hati-Hati! Mata Kering Dapat Menyebabkan Sakit Kepala

Everyday Health. Akses pada 2023. What Is a Headache? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Healthline. Akses pada 2023. Everything You Need to Know About Headache Disorders.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn