Tips Meredakan Radang Tenggorokan

Tips Meredakan Radang Tenggorokan

ReliDoc – Jakarta. Kamu pasti pernah merasakan sakit tenggorokan yang membuat aktivitasmu terganggu. Memang sih, yang namanya sakit tenggorokan itu bikin kesal. Yuk simak tips meredakan radang tenggorokan di rumah.

Tips Meredakan Radang Tenggorokan di Rumah

Pastinya, sakit tenggorokan atau radang (faringitis) adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum dan sering ditemukan, terutama di musim hujan. Mereka biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dengan gejala utama nyeri saat menelan. Terkadang dapat dibarengi gejala tambahan seperti pilek atau batuk. Ini bisa sangat mengganggu dan menyakitkan, tetapi umumnya dengan penanganan yang cepat dan tepat akan dapat menghilang dalam waktu seminggu.

Segera, atasi sakit tenggorokan hari ini dengan pengobatan rumahan yang bermanfaat ini.

1. Berkumur dengan air garam

Air garam mungkin tidak cepat langsung bekerja, tetapi merupakan salah satu opsi yang ampuh untuk membunuh bakteri, virus, hingga jamur. Selain itu dapat membantu melonggarkan dahak, dan menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Jadi, cukup campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat dan kumur.

2. Madu untuk sakit tenggorokan

Salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan adalah madu karena sifat antibakteri alaminya memungkinkannya bertindak sebagai agen penyembuhan luka, memberikan pereda nyeri segera sekaligus mengurangi peradangan. Madu membunuh bakteri dan jamur. Beberapa penelitian Juga ada yang melaporkan bahwa manfaat madu dapat membantu melawan infeksi virus.

Pada kenyataannya, madu juga berfungsi sebagai penekan batuk yang efektif jika Anda mengalami batuk parah disertai sakit tenggorokan. Campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan aduk rata. Minum beberapa kali sehari sesuai kebutuhan. Jangan berikan madu kepada bayi di bawah usia 1 tahun.

3. Lemon untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Seperti air garam dan madu, lemon mampu mengencerkan dahak dan mengurangi rasa sakit, membuatnya bagus sebagai pelega untuk sakit tenggorokan. Selain itu, lemon kaya akan vitamin C, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Anda akan memiliki lebih banyak kekuatan untuk melawan penyakit. Campurkan 1 sendok teh jus lemon dengan segelas air hangat dan minum.

4. Sup atau Kaldu Ayam

Sup ayam dikatakan baik untuk penyakit pernapasan dan tenggorokan. Berbagai aktivitas sel kekebalan dapat menyebabkan peradangan, seperti sakit tenggorokan. Sebuah studi tahun 2000 menguji kemampuan sup ayam untuk mengurangi migrasi sel-sel kekebalan tertentu yang disebut neutrofil di laboratorium. Para peneliti menemukan bahwa sup ayam menghambat migrasi sel-sel ini sehingga dengan demikian akan mengurangi adanya proses peradangan pada sel tubuh khususnya tenggorokan.

5. Uap Air

Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan sehingga menyebabkan sakit tenggorokan. Oleh karena itu perlu untuk menjaga suasana lembab di dalam tenggorokan. Salah satu cara adalah dengan menghirup uap air. Hal ini dapat meredakan sakit tenggorokan. Untuk melakukan ini, tambahkan air mendidih ke dalam mangkuk. Letakkan handuk di atas kepala Anda dan bernapaslah dengan normal, menghirup uap melalui mulut dan hidung Anda. Lakukan ini selama 10-15 menit.

6. Humidifier

Mungkin sudah waktunya untuk berinvestasi dalam pelembab udara. Udara kering dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Humidifier melembabkan udara dan membuka sinus Anda. Selain itu, udara yang lembab membantu mengurangi proses penyebaran infeksi secara airborne atau droplet. Untuk bantuan ekstra, tambahkan 1-2 sendok probiotik dalam larutan humidifier yang anda hirup.

7. Istirahat

Bagaimanapun, istirahat mungkin merupakan hal utama yang Anda butuhkan. Jika Anda sakit tenggorokan, tetap tenang dan tidur yang cukup. Kurang tidur meningkatkan risiko infeksi karena daya tahan tubuh yang menurun.

Selain tidur, perlu juga istirahat fisik terhadap Kegiatan seperti berbicara keras, bernyanyi, dan berteriak karena dapat semakin mengiritasi tenggorokan yang sudah sakit, dan akhirnya mempermudah ada proses infeksi di tenggorakan. Oleh karena itu, istirahatkan penggunaan tenggorokan anda sebisa mungkin.

Nah, sekarang kamu tahu tips dan cara meredakan sakit tenggorokan kan? Caranya mudah dan simpel, apabila tenggorokan kamu masih sakit, lakukan konsultasi ke dokter kamu.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Meredakan Radang Tenggorokan

HealthLine. Diakses pada 2022. Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do)
NHS. Diakses pada 2022. Sore Throat
PennMedicine. Diakses pada 2022.6 At-Home Remedies to Ease Your Sore Throat

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn