Musim Hujan? Ini Tips untuk Jaga Kesehatanmu

Musim Hujan Ini Tips untuk Jaga Kesehatanmu

ReliDoc – Jakarta. Musim hujan sudah mulai datang, yuk persiapkan diri kamu agar tidak gampang sakit. Mau tahu caranya? Yuk, kamu bisa cek artikel untuk menjaga kesehatan kamu pada artikel ini.

Musim Hujan? Membuat Sakit?

Kelembapan yang tinggi pada musim hujan memang memudahkan bakteri, seperti virus influenza atau flu menyebar melalui udara. Hewan penyebab penyakit, seperti nyamuk juga lebih mungkin untuk berkembang biak.

Sementara itu, sebuah penelitian menemukan bahwa jumlah sel darah putih yang melindungi tubuh berkurang saat musim hujan. Juga, pada hari berawan, sinar matahari kurang, dan vitamin D, yang meningkatkan kekebalan, juga rendah. Padahal, Anda membutuhkan sinar matahari untuk mendukung produksi vitamin D dalam tubuh Anda.

Imunitas tubuh tetap harus tinggi, untuk menjaga kesehatanmu tetap prima. Tidak ada satu makanan pun yang akan mencegah Anda jatuh sakit, tetapi berfokus pada pola makan kaya nutrisi secara keseluruhan dan perilaku gaya hidup yang lebih sehat, seperti tidur yang cukup, mencuci tangan, aktivitas fisik, dan manajemen stres, dapat membantu menjaga sistem kekebalan Anda tetap bekerja baik

Faktor-faktor ini membuat tubuh lebih rentan terhadap patogen selama musim hujan.

Tips Menjaga Kesehatan pada Musim Hujan

Agar tetap fit dan nyaman saat musim hujan, ikuti tips berikut ini.

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Beberapa makanan mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk, mangga, dan ubi jalar. Kandungan antioksidan yang tinggi membantu melawan radikal bebas yang merusak fungsi kekebalan tubuh.

Hindari godaan untuk makan-makanan jalanan dan junk food. Untuk bertahan hidup saat musim hujan yang deras, Anda memerlukan pola makan sehat yang mengandung nutrisi yang tubuh Anda butuhkan. Vitamin C telah lama dikenal sebagai tindakan pencegahan yang ideal untuk mencegah pilek. Makan banyak buah dan sayuran setiap hari akan memberi Anda cukup vitamin C. Sesuai kebutuhan, mengonsumsi multivitamin juga merupakan pilihan untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda.

2. Tingkatkan Asupan Cairan Tubuh

Perbanyak minum air putih karena membantu membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri, batuk pilek. Ditambah lagi, cuaca sudah mulai dingin, jadi tubuh Anda membutuhkan banyak minuman hangat seperti teh dan jus kaya nutrisi untuk mencegah dehidrasi dan meredakan sakit tenggorokan dan pilek atau hidung tersumbat.

3. Berolahraga Secara Teratur

Saat musim hujan, banyak orang merasa kesulitan untuk keluar rumah, terutama untuk berolahraga. Padahal, aktivitas fisik dapat membantu Anda tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan saat musim hujan, seperti lompat tali, yoga, senam, dan latihan di rumah seperti push-up dan sit-up. Ingat, Anda perlu berlatih secara teratur, 3-4 kali seminggu selama 30-45 menit setiap kali. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum memulai.

4. Biasakan untuk Tetap Bersih

Dengan menjaga kebersihan pribadi yang baik, Anda dapat mengurangi risiko tertular infeksi seperti diare, batuk, dan flu. Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan pakai sabun, menutup hidung dan mulut dengan sapu tangan atau sapu tangan saat batuk atau bersin, dan membuang sampah.

Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan ekstra, seperti memakai masker untuk menghindari tertularnya kuman penyakit dari orang sakit dan memakai baju hangat saat udara dingin.

5. Hangatkan Dirimu

Cuaca dingin dapat menurunkan kekebalan tubuh. Menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, terutama di angin, dapat membuat Anda mudah lelah dan kedinginan. Beberapa kantor memiliki tingkat air conditioner yang terlalu dingin. Untuk mencegahnya, kenakan sweater, syal, jaket, dan bahkan kaus kaki agar tetap hangat. Ini tidak hanya melindungi tubuh dari cuaca buruk, tetapi juga mencegah penyakit di musim hujan.

6. Lakukan 3M

Nyamuk lebih mudah berkembang biak saat musim hujan. Ini meningkatkan risiko Anda terkena demam berdarah. Amalkan 3M untuk menghindari gigitan nyamuk :

  1. Menguras tempat penampungan air
  2. Menutup tempat penampungan air
  3. Mengubur barang bekas


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lotion anti nyamuk saat berada di luar ruangan dan tidur dengan kelambu.

Jadi, itulah enam hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari sakit saat musim hujan. Anda dapat mempersiapkan musim hujan dengan makan sehat, berolahraga, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, serta menghindari gigitan nyamuk.

Nah, kamu sudah tahu kan apa saja yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kamu ketika musim hujan datang. Tidak hanya pada musim hujan, kamu juga masih bisa menerapkannya pada saat musim kemarau loh.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Musim Hujan? Ini Tips untuk Jaga Kesehatanmu

HealthLine. Diakses pada 2024. 15 Foods That Boost the Immune System
IdsMed. Diakses pada 2024. Staying Healthy during the Rainy Season
WebMD. Diakses pada 2024. 15 Foods That Boost Your Immune System
WellaHealth. Diakses pada 2024. 6 ways to stay healthy during the rainy season

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn