Perbedaan Batuk Berdahak dan Batuk Kering

perbedaan batuk berdahak dan batuk kering

ReliDoc – Jakarta. Halo Reli Friends, pasti kamu pernah kan terkena yang namanya batuk. Batuk yang sering ditemui biasanya batuk berdahak (wet coughing) dan batuk kering (dry coughing). Nah, di artikel ini Kita akan membahas mengenai perbedaan batuk berdahak dan batuk kering. Setelahnya, kamu bisa mengidentifikasi dan mengetahui bagaimana cara perawatannya loh, yuk simak lebih lanjut!

Mengapa Bisa Batuk?

Batuk yang sesekali terjadi biasanya bersifat normal dan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi ada batuk yang bersifat akut, yang berlangsung dua hingga tiga minggu dan batuk kronis yang lebih dari delapan minggu atau dua bulan.

Siapapun bisa terkena batuk. Batuk sendiri merupakan refleks pertahanan penting yang membantu melindungi tubuh Anda dari iritasi. Namun, beberapa orang lebih mungkin terkena batuk daripada yang lain. Secara keseluruhan ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terkena batuk:

  • Zat asap (seperti tembakau atau kendaraan).
  • Vape.
  • Memiliki penyakit kronis, terutama yang melibatkan paru-paru atau sistem saraf.
  • Memiliki alergi.
  • Anak-anak sering sakit, terutama jika mereka berada di tempat dengan lingkungan yang tidak bersih dan berdebu.

Pada umumnya, kita akan sering berjumpa dengan batuk berdahak dan batuk kering. Mari kita cek penjelasan tentang perbedaan kedua batuk tersebut dan apa perbedaannya.

Batuk Berdahak

Batuk ini terjadi ketika seseorang batuk berlendir atau berdahak. Maka dari itu, batuk berdahak biasanya disebabkan oleh infeksi, seperti flu, pilek atau hidung tersumbat, atau infeksi dada.

Beberapa batuk berdahak bisa menjadi kronis dan mungkin disebabkan oleh:

  • Bronkiektasis: Suatu kondisi yang dihasilkan dari kumpulan lendir di kantong kecil di paru-paru yang tidak dapat dibersihkan oleh tubuh.
  • Pneumonia: Ini adalah saat infeksi bakteri menyebabkan jaringan di paru-paru meradang.
  • Infeksi mikrobakteri non tuberkulosis: Ini tidak menular dan dapat disertai dengan kelelahan, merasa tidak sehat, dan penurunan berat badan.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK): Ini adalah jenis penyakit paru-paru di mana gejala umum mungkin termasuk sesak napas dan mengi.

Cara Perawatan Batuk Berdahak

Umumnya yang dapat dilakukan merupakan tetap menjaga cairan tubuh, yang dapat membantu batuk berdahak tetap produktif dan meringankan gejala pilek. Begitu pula, obat-obat seperti obat batuk juga dapat digunakan dalam melawan Batuk Berdahak. Apabila. infeksi bakteri menyebabkan batuk, seseorang mungkin memerlukan antibiotik.

Batuk Kering

Batuk kering biasanya berasal dari penyakit pernapasan, seperti pilek dan flu. Pastinya, batuk ini berkembang ketika ada sedikit atau tidak ada lendir di tenggorokan. Kemudian, seseorang mungkin merasakan sensasi menggelitik di tenggorokannya dan tidak dapat berhenti batuk.

Biasanya batuk hilang dengan sendirinya. Tetapi, ada penyebab lain yang dapat diselidiki orang jika batuk menjadi kronis:

Cara Perawatan Batuk Kering

Seseorang dapat meredakan rasa gatal pada batuk kering dengan minum air putih, meminum obat batuk, atau menggunakan sirup obat batuk.

Pencegahan Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Tentu kita bisa mencegah batuk agar tidak menyerang kita, seperti :

  • Mengonsumsi makanan sehat.
  • Menghindari lingkungan yang berasap.
  • Berhenti merokok dan menghindari asap rokok
  • Olahraga ringan dan teratur.
  • Gunakan Masker ketika berkendara.

Bagi Kalian yang terkena batuk berkepanjangan, bisa langsung konsultasikan ke dokter perihal penyakit kalian agar mendapatkan perawatan yang sesuai.

Jadi, jangan lupa untuk jaga kesehatan kalian ya, bagi peserta Asuransi Reliance Indonesia yang membutuhkan konsultasi dengan Dokter, kalian dapat menikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di ReliDoc. Yuk download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app.

Sumber

Cleveland Clinic. Akses pada 2022. Cough
Healthline. Akses pada 2021. What Causes a Dry Cough?
Healthline. Akses pada 2022. What Does My Type of Cough Mean?
MedicalNewsToday. Akses pada 2022. Types of coughs: What do they mean?

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn